Tak Lagi Wajib Masker, Ini Aturan Terbaru Naik MRT, KRL, dan Transjakarta

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 15/Jun/2023 11:57 WIB
Penumpang KRL hendak naik dari Stasiun Bekasi.(Ist) Penumpang KRL hendak naik dari Stasiun Bekasi.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menyusul dengan adanya kabar resmi dari Pemerintah, kini penumpang transportasi umum di Jakarta, karena di MRT, KRL, LRT Jakarta hingga Transjakarta sudah boleh tidak menggunakan masker untuk orang sehat.

Berita ini disampaikan langsung ketiga transportasi publik andalan ibu kota itu di media sosial resmi MRT, KRL, LRT Jakarta dan Transjakarta dilihat Rabu (14/6/2023).

Baca Juga:
Jumlah Penumpang KRL Capai Lebih dari 989 Ribu Orang di Hari Kerja, KAI Commuter Operasikan 1.048 Perjalanan Kereta

Di layanan tiga transportasi umum menghilangkan aturan pakai masker sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan No. 17 Tahun 2023 Tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19.

"RekanCommuters (KRL) diperbolehkan tidak memakai masker dalam keadaan sehat dan dianjurkan untuk tetap memakai masker dengan benar bagi pengguna dalam keadaan tidak sehat," tulis akun Instagram @commuterline.

Baca Juga:
Memasuki Hari Pertama Kerja Bulan Juni, KAI Commuter Layani 507 Ribu Penumpang KRL

Meski begitu laman media sosial MRT Jakarta menjelaskan berdasarkan Surat Edaran Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta No.26/SE/2023 seluruh pengguna MRT tetap harus berupa mencegah penularan Covid-19, dengan cara vaksinasi booster kedua atau dosis keempat.

"Terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19. Dianjurkan tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19 sebelum dan saat melakukan perjalanan serta kegiatan di fasilitas publik," tulis @mrtjkt.

Baca Juga:
Stasiun Bogor dan Tanah Abang Paling Ramai Penumpang KRL di Akhir Pekan Ini

Selain itu MRT juga menganjurkan bawa hand sanitizer atau cairan pembersih tangan, maupun mencuci tangan di air mengalir khususnya setelah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan.

"Bagi orang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19, dianjurkan menjaga jarak atau menghindari kerumunan orang untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19," jelas @mrtjkt.

Sementara itu berdasarkan pantauan wartawan lantaran banyak penumpang yang sudah terlanjur nyaman menggunakan masker. Sehingga masih cukup banyak penumpang yang menggunakan masker. (Fhm)