Menhan Prabowo Hadiri Paris Air Show 2023, Miniatur Jet Tempur Rafale Berbendara Indonesia Ikut Dipajang

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 23/Jun/2023 10:45 WIB
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri pameran internasional Paris Air Show 2023 di Le Bourget, Paris, Rabu (21/6/2023) waktu Perancis. Dalam kesempatan itu, Menhan mengunjungi berbagai paviliun pameran dan sempat berkeliling bersama CEO Dassault Aviation, Eric Trapier.  Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri pameran internasional Paris Air Show 2023 di Le Bourget, Paris, Rabu (21/6/2023) waktu Perancis. Dalam kesempatan itu, Menhan mengunjungi berbagai paviliun pameran dan sempat berkeliling bersama CEO Dassault Aviation, Eric Trapier. 

PARIS (BeritaTrans.com) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri pameran internasional Paris Air Show 2023 di Le Bourget, Paris, Rabu (21/6/2023) waktu Perancis. 

Dalam kesempatan itu, Menhan mengunjungi berbagai paviliun pameran dan sempat berkeliling bersama CEO Dassault Aviation, Eric Trapier. 

Diketahui, Dassault Aviation merupakan produsen jet tempur Rafale, yang pesawatnya akan digunakan TNI Angkatan Udara (AU) kelak. 

“Dalam kesempatan itu miniatur Rafale untuk Indonesia turut dipamerkan,” kata Karo Humas Setjen Kemenhan Brigjen Edwin Adrian Samantha dalam keterangan tertulis, dikutip pada Jumat (23/6/2023). 

Dalam pameran kedirgantaraan terbesar di dunia tersebut, jet tempur Rafale juga menampilkan demonstrasi udara. 

Sebagai informasi, Kemenhan RI memutuskan membeli jet tempur Rafale dari Dassault Aviation. Namun berdasarkan kontrak, dinyatakan bahwa kedatangan tiga pesawat Rafale pertama baru akan terlaksana pada Januari 2026 

Di sisi lain, Kemenhan juga sedang menjajaki pembelian pesawat tempur lain, yakni F-15EX dari Amerika Serikat. Kontrak pesawat F-15EX masih dalam tahap pembahasan Letter of Offer and Acceptance oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Pembelian pesawat F-15 tersebut dengan skema Foreign Military Sales (FMS). 
Sementara itu, Kemenhan juga baru saja memutuskan membeli 12 unit pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar, yang disebut untuk menutup gap kesiapan tempur TNI AU.  (ds/sumber Kompas.com)