Urai Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Merak, Dijalankan Skenario Buka Tutup

  • Oleh : Naomy

Rabu, 28/Jun/2023 21:55 WIB
Suasana di Pelabuhan Merak Suasana di Pelabuhan Merak


MERAK (BeritaTrans.com) - Puncak pergerakan di libur panjang lebaran Idul Adha 1444 H terjadi pada hari ini (28/6/2023).

Hal itu terlihat dengan adanya antrean kendaraan di pelataran dermaga eksekutif.  

Baca Juga:
Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

"Memang peningkatan pergerakan arus sudah terjadi mulai subuh, pagi hingga siang tadi, beberapa kendaraan penumpang roda empat dan truk sudah memadati area parkir dan antre untuk naik ke kapal," ujar Hari Korsatpel Pelabuhan Penyeberangan Merak.  

Hal senada disampaikan GM ASDP cabang Merak Soeharto. "Kebijakan khusus kendaraan pribadi (mobil penumpang) di dermaga eksekutif  seperti halnya Angleb Idul Fitri tahun lalu mulanya tidak diberlakukan karena pada masa Idul Adha tidak seramai Idul Fitri, namun tadi kami bersama Kepala BPTD Kls II Banten sepakat mengkhususkan dermaga eksekutif hanya bagi kendaraan pribadi dan untuk truk kita alihkan semua ke dermaga reguler, karena terjadi lonjakan kendaraan," ungkapnya.

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Apel Penutupan Posko Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Lebaran 2024

Hal itu guna memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa angkutan penyeberangan, mulai siang hingga malam hari dan bahkan besok. 

Menurutnya, bila masih terjadi peningkatan arus penumpang, mak tetap akan khususkan dermaga eksekutif untuk mobil penumpang.

Baca Juga:
Dirjen Hubla Dorong e-Tiketing Diterapkan di Semua Layanan Kapal

Sampai hari ini tercatat kurang lebih 22.771 kendaraan dan  Penumpang  sekitar 93.501 yang menyeberang dari pulau Jawa ke Sumatera.  

Kepala BPTD Banten Benny Nurdin membenarkan bahwa puncak pergerakan terjadi hari ini dan diprediksi masih meningkat hingga dini hari.

Sebagai gambaran bahwa data pergerakan pada hari ini, pukul 08:00 s/d 16:00, penumpang yang menyeberang di pelabuhan penyeberangan merak berjumlah 13,444 penumpang, didominasi oleh kendaraan pribadi dan truk.

Kendaraan roda 4 berjumlah 2,269, kendaraan roda 2 berjumlah 1,085, dan truk 983 unit. Total dari keseluruhan kendaraan mencapai 4.451 kendaraan.

"Kepadatan di Pelabuhan Reguler meningkat dari 50% hingga 80% dan Pelabuhan Eksekutif meningkat hingga 90%, kepadatan ini akan terus terjadi hingga duni hari," tutur Benny.

Kepadatan yang terjadi belum sampai mengular ke jalan namun sempat membutuhkan pengaturan buka tutup, kira-kira pukul 04.00 Wib.

Kemudian, pihak kepolisian melakukan penyekatan di jalan Cikuasa Atas agar tidak terjadi kemacetan dan penumpukan di wilayah Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Walau Angkutan Lebaran Idul Adha ini tidak seperti Angkutan Lebaran Idul Fitri, PT ASDP Ferry Indonesia (persero) bersama BPTD Banten akan memberlakukan pengalihan angkutan barang yang ada di Dermaga eksekutif  Pelabuhan Merak.

"Guna menghindari penumpukan dan antrean yang panjang, kami mengimbau pengguna jasa yang sudah memiliki tiket agar datang ke pelabuhan dua jam sebelum keberangkatan kapal, hal ini agar tidak terlalu lama mengantre di  dalam Pelabuhan Penyeberangan," kata Soharto.

BPTD Banten juga mengimbau agar penumpang tetap jaga kesehatan dan keselamatan berkendara setelah menyeberang.

"Jika lelah jangan memaksakan untuk berkendara, menepi dan beristirahatlah sejenak, karena keluarga tercinta menunggu di rumah” pungkas Benny. (omy)