Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Ditjen Hubdat Awali Rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2023

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 08/Jul/2023 13:08 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dengan mengusung tema “Teman Sejati” (Selamat di Jalan dan Hati-Hati) Streetsforlife #Rethink Mobility, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar kegiatan Kick Off Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2023 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan dalam sambutan pembukanya menyatakan bahwa tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sehingga terwujud budaya tertib dan taat dalam berlalu lintas di jalan. 

Baca Juga:
Pelaku Usaha Minta Pengaturan Lalu Lintas Libur Nataru Jangan Sampai Merugikan

“Berdasarkan data jumlah kecelakaan yang dikeluarkan oleh Kepolisian Indonesia, sudah selayaknya semua pemangku kepentingan menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia. Untuk itu Presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan dengan tujuan untuk menurunkan fatalitas sebesar 65% indeks fatalitas per 100.000 penduduk dan 85% indeks fatalitas per 10.000 kendaraan pada tahun 2040,” jabar Danto.

Danto menjelaskan bahwa kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan ini mengacu pada tema yang dikeluarkan oleh WHO UN  Road Safety. “Dengan tema yang selaras tersebut, maka program keselamatan yang diselenggarakan oleh Indonesia sejalan dengan kampanye keselamatan dunia. Pekan Nasional Keselamatan Jalan ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun,” ucap Danto.

Baca Juga:
Kemenhub: Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Angkutan Massal Perkotaan

Ia menuturkan bahwa kegiatan Pekan Keselamatan Jalan ini dilaksanakan juga oleh Balai Pengelola Transportasi Darat seluruh Indonesia sesuai wilayah kerjanya masing-masing. 

Adapun rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan pada tahun ini yaitu:
1. Kick off PNKJ sekaligus pelepasan Cycling Anywhere to Save the Earth oleh Royke Lumowa;
2. Panggung Kreasi Anak Teman Sejati;
3. Jambore Teman Sejati ; serta
4. Puncak PNKJ 2023.

Baca Juga:
Kemenhub: Transportasi Umum di Daerah Tidak ada Perkembangan

Kegiatan Cycling Anywhere to Save the Earth yang dilakukan oleh Royke Lumowa ini nantinya akan bersepeda dengan misi keliling dunia dari Jakarta hingga Paris selama 1 tahun yang akan dimulai pada hari ini.
 
“Saya sangat mengapresiasi Bapak Royke Lumowa dengan misi keliling dunianya bersepeda dari Jakarta menuju Paris selama ± 1 (satu) tahun, yang mana salah satu tujuannya yaitu sosialisasi sarana mobilitas yang ramah lingkungan dan menyehatkan dengan tema “Cycling Anywhere to Save the Earth,” tambah Danto.

Acara pada hari ini dihadiri 500 Peserta yang mencakup unsur pemerintah, komunitas, masyarakat pengguna jalan,serta pelajar/mahasiswa yang nantinya diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyuarakan keselamatan jalan.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Staf Utama Menhub Bidang Konektivitas Transportasi Darat Budi Setiyadi, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh.(fhm)