Sekjen Baru IMO Diumumkan, Indonesia: Selamat Arsenio

  • Oleh : Naomy

Rabu, 19/Jul/2023 06:47 WIB
Ditjen Perhubungan Laut dan Sekjen IMO terpilih Ditjen Perhubungan Laut dan Sekjen IMO terpilih


LONDON (BeritaTrans.com) - Sekretaris Jenderal International Maritime Organization (IMO) yang baru terpilih diumumkan pada sidang IMO Council ke 129 di London, Inggris, Selasa (18/7/2023).

Pemerintah Indonesia menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Mr. Arsenio Antonio Dominguez Velasco dari Republik Panama yang terpilih sebagai Sekjen IMO baru. 

Baca Juga:
Indonesia Paparkan INSW di Sidang FAL ke-48 di Markas Besar IMO

Penugasannya akan dimulai pada 1 Januari 2024 s.d. 31 Desember 2028 mendatang. 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha yang menjadi Delegasi Indonesia pada sidang IMO Council ke 129 tersebut mengungkapkan, proses pemilihan Sekjen IMO berjalan dengan ketat dan lancar dan berlangsung dalam  empat putaran.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang

Sebanyak 40 negara anggota Dewan (Council)  IMO memberikan hak suaranya untuk enam orang kandidat Sekjen IMO dan di putaran akhir tersisa tiga kandidat yang dimenangkan oleh Mr. Arsenio dari Republik Panama dengan 21 suara dari total 40 suara.

"Dengan 21 suara, Mr. Arsenio dari Panama terpilih menjadi Sekretaris Jenderal IMO dan akan menggantikan Sekjen IMO Mr. Kitack Lim yang akan berakhir masa jabatannya pada 31 Desember 2023," ujar Dirjen Arif.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Terbitkan Aturan Penanganan Kapal Angkut Kendaraan Listrik

Menurutnya, dengan terpilihnya Mr. Arsenio sebagai Sekjen IMO, Pemerintah Indonesia sebagai anggota Dewan IMO berkomitmen terus memberikan dukungan penuh kepada IMO untuk peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran dunia dan juga perlindungan lingkungan maritim.

"Indonesia menyambut baik atas terpilihnya Mr. Arsenio dari Panama. Selain memiliki kedekatan hubungan kerja sama yang baik di sektor transportasi laut antara Indonesia dan Panama, Mr. Arsenio juga merupakan sosok yang sudah lama berperan aktif di IMO. Kami yakin, Mr. Arsenio akan membawa IMO menjadi lebih baik lagi kedepannya," ujarnya.

Arsenio akan dikukuhkan secara resmi pada sidang IMO Assembly  November 2023, yang akan dihadiri oleh 173 negara anggota IMO.

Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menjadi penanggung jawab pelaksanaan kegiatan dan administrasi Pemerintah atau Maritime Administration pada Organisasi Maritim Internasional di bidang pelayaran, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2022 tentang Kementerian Perhubungan. 

Sebagai informasi, saat ini Indonesia sedang mencalonkan diri kembali sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2023 s.d. 2024 yang pemilihannya akan dilaksanakan pada sidang IMO Assembly di November 2023.

Untuk menggalang dukungan suara, Indonesia melakukan sejumlah kegiatan pada sidang IMO  Council ke 129 di London yang masih berlangsung dari 17 Juli s.d. 21 Juli 2023, seperti menggelar Coffee Break bagi para anggota Dewan IMO, side event dengan mengadakan pertemuan bilateral serta menyelenggarakan lunch reception di gedung IMO London.

Hadir memimpin Delegasi Indonesia adalah Duta Besar Indonesia untuk Inggris, merangkap Irlandia dan International Maritime Organization, Dr. Desra Percaya, Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha, Staf Ahli Kemenkomarves , Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting, perwakilan Kementerian Luar Negeri, Kemenpan RB, Biro Klasifikasi Indonesia, Pertamina Shipping, KBRI di London dan juga Atase Perhubungan RI di London. (omy)