Tol Ini Bikin Serpong-Bogor Cuma 45 Menit, Kapan Bisa Dilalui?

  • Oleh : Fahmi

Senin, 24/Jul/2023 13:44 WIB
Ilustrasi Jalan Tol.Foto:PUPR Ilustrasi Jalan Tol.Foto:PUPR

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tol Bogor - Serpong via Parung kini sudah terhubung sepanjang 31,12 km. Adanya jalan tol ini membuat perjalanan Serpong - Bogor yang biasanya memakan waktu 2-3 jam, nantinya bisa ditempuh dengan waktu 1 jam, bahkan lebih cepat atau 45 menit saja.

Kendati demikian, Kementerian PUPR belum bisa memastikan apakah proses pembebasan lahan bakal dimulai tahun ini atau tidak.

Baca Juga:
Kementerian PUPR dan BUJT Siapkan SPKLU di 14 Rest Area Tol Bagi Pemudik Mobil Listrik

"Tergantung PPJT (Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol), PPJT ditandatangani kita proses," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dikutip Sabtu (22/7/2023).
 
Dalam materi saat pemaparan rapat dengan DPR beberapa waktu lalu, tertera ruas Tol Bogor-Serpong via Parung dalam tahap permohonan jawaban pertanyaan aanwijzing atau persiapan oleh panitia. Besar biaya lelangnya mencapai Rp 8,95 triliun.

Dilansir dari situs resmi PUPR, tol ini merupakan bagian dari rencana jaringan jalan JORR-3 guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan wilayah. 

Baca Juga:
Pembatasan Lalu Lintas Barang di Masa Angleb Sah Diteken Bersama Dirjen Hubdat, Kakorlantas, dan Dirjen Bina Marga

Titik Awal Jalan tol ini akan menghubungkan persimpangan Selabenda (Bogor) dan persimpangan Serpong melalui Parung.

Terdapat 5 interchange dan 2 junction dimana jarak antar persimpangan adalah +5 km. Proyek ini diprakarsai oleh PT Pama Persada Nusantara. Masa konsesinya selama 40 tahun dengan Struktur Pendanaannya Equity sebesar 30% serta Debt sebesar 70%.(fhm)

Baca Juga:
PUPR: Tol Cisumdawu dan Japek II Selatan Beroperasi Lebaran 2023