Bangun Pelabuhan Ujung Jabung, Kemenhub Terima Hibah Tanah dari Pemprov Jambi

  • Oleh : Naomy

Selasa, 01/Agu/2023 16:01 WIB
Serah terima hibah tanah dari Pemprov Jambi kepada Ditjen Hubla Kemenhub Serah terima hibah tanah dari Pemprov Jambi kepada Ditjen Hubla Kemenhub

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Rencana membangun Pelabuhan Ujung Jabung, Kementerian Perhubungan menerima hibah berupa tanah seluas 120.000 M2 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi .

Penyerahan tanah tersebut ditandai dengan serah terima Sertifikat Hibah dari Gubernur Jambi Al Haris kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Selasa (1/8/2023).     

Baca Juga:
Ditjen Hubla Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi berterimakasih kepada Pemprov Jambi atas hibah tanah yang berlokasi di Desa Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Nanti pemanfaatannya akan digunakan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Nipah Panjang sebagai lokasi Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Terima Aset Tanah dari Kabupaten Banggai Laut untuk Pembangunan Pelabuhan Bungin

“Terima kasih kepada Gubernur Jambi atas kesempatan yang diberikan kepada pusat untuk mengalokasikan pembangunan pelabuhan di Indonesia yang merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Selanjutnya hibah tanah ini akan diproses sesuai peraturan yang berlaku untuk mendukung pengembangan daerah,” urainya.

Pihaknya berharap melalui kerja sama ini akan memberikan nilai positif terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Provinsi Jambi khususnya yang berada di wilayah sekitar pelabuhan. 

Baca Juga:
Indonesia dan Negara Anggota IMO Bahas Finalisasi Dokumen Usulan Selat Lombok Sebagai PSSA

Capt. Antoni juga mengajak Pemerintah Daerah lain untuk menjalin sinergi dengan Ditjen Perhubungan Laut.  

Dia menjelaskan, secara geografis, wilayah perairan laut Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan bagian dari alur pelayaran kapal nasional dan internasional (ALKI I) dari utara ke selatan atau sebaliknya, sehingga daerah ini sangat potensial untuk berkembang. 

Selain itu juga, Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki berbagai komoditi unggulan yang memerlukan pelabuhan untuk mendistribusikannya ke daerah-daerah yang dapat dilalui dengan transportasi laut.

“Mengingat begitu besarnya potensi Kabupaten Tanjung Jabung Timur, maka keberadaan Pelabuhan Ujung Jabung ini dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah sehingga tercipta pelayanan transportasi laut yang saling terhubung dan memberikan efek yang positif terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkas Capt. Antoni. (omy)