Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diundur, Ini Masalahnya!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 09/Agu/2023 16:20 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan buka suara soal uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat yang diundur dari 18 Agustus 2023. 

Kereta cepat baru bisa diuji coba oleh masyarakat secara luas pada awal September 2023.

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan Kereta Whoosh Halim-Tegalluar PP Hari Ini Kamis 22 Februari

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebutkan pihaknya perlu memastikan beberapa hal sebelum Kereta Cepat Jakarta-Bandung benar-benar mengangkut masyarakat, mulai dari aspek keselamatan, keamanan, hingga urusan integrasi transportasi antarmoda.

"Uji coba operasional terbatas KCJB perlu memastikan berbagai aspek. Khususnya keselamatan dan keamanan dari sisi prasarana maupun sarana, dan integrasi dengan moda transportasi lain," kata Adita ketika dihubungi, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga:
Jadwal Kereta Whoosh Jakarta-Bandung PP Minggu 18 Februari 2024

Adita juga mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung perlu melakukan penyelesaian proses sertifikasi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Selain itu juga perlu menyelesaikan proses sertifikasi sesuai prosedur yang berlaku. Kami selaku regulator fokus pada upaya-upaya tersebut yang harus dapat dipenuhi oleh para stakeholders," beber Adita.

Baca Juga:
Jadwal Kereta Whoosh Jakarta-Bandung PP Sabtu 17 Februari 2024

Dia menyatakan syarat-syarat di atas ada yang masih perlu diproses oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku operator kereta cepat. "Ada beberapa masih dalam proses oleh KCIC," sebutnya.

Sebelumnya, kepastian uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung diundur disampaikan langsung oleh General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa. Menurutnya, berbagai persiapan terus dilakukan pihaknya, termasuk proses sertifikasi sarana dan prasarana yang tengah berlangsung.

"Kalau sesuai koordinasi yang udah kita koordinasikan bersama pemerintah, rencananya uji coba penumpang gratis dimulai awal September. Mudah-mudahan 1 September sudah bisa," kata Eva, Senin (7/8/2023).