OTP dan Load Factor Kapal Tol Laut Terbaik, Pelni Raih Penghargaan dari Kemenhub

  • Oleh : Naomy

Kamis, 10/Agu/2023 13:56 WIB
Pelni saat menerima penghargaan dari Kemenhub Pelni saat menerima penghargaan dari Kemenhub

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Perhubungan atas capaian penugasan Program Tol Laut. 

Trayek T-10 menunjukan load factor tertinggi hingga 136 persen. 

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Pelni meraih penghargaan untuk kategori Tol Laut dengan On Schedule Performance dan Tol Laut dengan Load Factor Terbaik. 

Perhargaan diserahkan Direktur Lalu Lintas Laut Kemenhub Hendri Ginting kepada Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Yossianis Marciano di acara Rapat Koordinasi Nasional Tol Laut 2023 di Bandung, Rabu (9/8/2023). 

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Selain Pelni, acara ini dihadiri seluruh operator dan stakeholder Program Tol Laut.

Yossianis mengucapkan terima kasih kepada Kemenhub atas kepercayaannya kepada Pelni, yang sejak 2015 menjadi operator tol laut dengan trayek terbanyak.

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

Seperti diketahui, Pelni tercatat menjalankan 11 trayek Tol Laut untuk tahun anggaran 2023.

"Kepercayaan Pemerintah kami jawab dengan capaian on time performance kapal di atas target. Ini juga menjadi komitmen kami kepada masyarakat dalam menyediakan angkutan barang yang terjangkau dan jadwal pelayaran yang tetap dan regular," ujar Yossianis. 

Dengan memberikan jadwal yang tetap dan regular, Yossianis menambahkan, secara langsung Kapal Tol Laut yang dioperasikan oleh Pelni memberikan kepastian bagi pelaku usaha dan secara tidak langsung berkontribusi dalam menekan disparitas harga yang mungkin terjadi akibat spekulasi keterbatasan pasokan barang di wilayah terdepan, terpencil, terluar dan perbatasan atau 3TP.

"Para pelaku usaha, khususnya kelompok kecil dan menengah di wilayah 3TP sangat menggantungkan aktivitas bisnis mereka kepada kapal tol laut," katanya.

Pada Semester 1 tahun 2023, Pelni mengangkut 6.269 TEUs dengan rincian 4.298 TEUs untuk muatan berangkat dan 1.971 TEUs untuk muatan balik dengan load factor mencapai 86 persen. 

Kemenangan PELNI untuk kategori Tol Laut dengan On Schedule Performance diperoleh trayek T-19 yang dilayani oleh KM Kendhaga Nusantara 8 dengan rute Sorong - Oransbari - Waren - Sarmi - Jayapura - Biak - Sorong - Pomako - Merauke. 

Sementara kemenangan untuk kategori Tol Laut dengan Load Factor Terbaik diraih trayek T-10 yang dilayani KM Logistik Nusantara 5 dengan rute Surabaya - Tidore - Morotai - Galela - Buli - Maba - Weda. (omy)