Jalan Tol di IKN Bisa Dijadikan Landasan Pacu Pesawat, Canggih Bener...

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 11/Agu/2023 10:26 WIB
Kendaraan di jalan. (Pixabay) Kendaraan di jalan. (Pixabay)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Infrastruktur di Ibukota Negara (IKN) akan dibangun secanggih dan multifungsi mungkin. Salah satunya jalan tol di IKN yang juga bisa difungsikan sebagai landasan pacu pesawat.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur (IKN) Ibu Kota Negara Nusantara Danis Sumadilaga menjelaskan, lokasi jalan tol IKN yang juga menjadi landasan berada di Seksi 6A dan 6B.

Baca Juga:
Akses Tol IKN Akan Rampung Agustus 2024, Begini Progresnya

Nantinya, jalan tol sepanjang 3 km itu akan berfungsi sebagai landasan pacu, dalam keadaan darurat dan hanya untuk mendaratkan pesawat.

"Sebagai jalan tol, tapi dalam keadaan darurat kami desain sebagai landasan pesawat. Panjangnya sekitar 3 km," ujarnya seperti dikutip Kamis (10/8/2023).

Baca Juga:
Kemenhub Dukung Penyediaan Kendaraan Listrik di Kawasan IKN

Namun, tegas Danis, jalan tol tidak selalu menjadi landasan pesawat terbang. Menurut dia, hanya dalam kondisi tertentu jalan tol bisa difungsikan sebagai landasan pacu.

“Jadi bukan landasan darurat, melainkan jalan tol yang dalam kondisi tertentu berfungsi sebagai landasan pesawat terbang,” imbuhnya.

Baca Juga:
Hampir Selesai, Jalan Tol dan Bandara IKN Siap Sambut Perayaan 17 Agustus-an

Bandara VVIP

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mempercepat proses pembangunan VVIP Kota Ibukota Negara (IKN) Nusantara, dengan fokus pada peningkatan sarana dan prasarana, baik di sisi udara maupun darat.

“Saat ini sedang dilakukan proses persiapan pengembangan bandara yang mengacu pada desain runway dan terminal oleh masyarakat bangsa. Kami berharap apa yang kami bangun ini sudah bisa digunakan pada 17 Agustus 2024, kata Menteri Perhubungan (Kemenhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu lalu.

Hal itu disampaikannya saat meninjau lokasi pembangunan bandara VVIP IKN yang terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ia mengatakan, desain bandara VVIP akan menunjukkan ciri khas budaya Kalimantan. Selain itu, bandara juga akan memiliki konsep ramah lingkungan atau green airport dan memperhatikan sisi estetika.(fhm)