Semarakkan Peringatan HUT Ke-78 RI, Kemenparekraf Gelar Aneka Lomba

  • Oleh : Naomy

Kamis, 17/Agu/2023 12:19 WIB
Kemenparekraf gelar semarak HUT ke-78 RI Kemenparekraf gelar semarak HUT ke-78 RI

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengadakan aneka lomba yang diikuti para pegawai yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2023).

Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, saat membuka kegiatan perlombaan mengatakan sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun di bulan kemerdekaan bukan hanya diperingati melalui penyelenggaraan upacara tetapi juga memperkuat keterlibatan masyarakat hingga kementerian/lembaga dalam memeriahkan suasana HUT Ke-78 RI.

"Dengan menggelar berbagai jenis perlombaan di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf tentu ini menjadi sebuah momentum untuk kita bisa memperkuat rasa nasionalisme, solidaritas, semangat juang dan sifat gotong-royong yang menjadi identitas bangsa kita," ujar Ni Wayan.

Adapun jenis lomba yang digelar antara lain pertandingan olahraga bulu tangkis putra dan putri, tenis meja putra dan putri, serta catur. Selain itu juga perlombaan rakyat seperti memasukkan paku ke dalam botol, makan pisang dengan mata tertutup, dan lainnya. Ada juga lomba busana cosplay pahlawan nasional dan baju adat Indonesia.

Ni Wayan menyampaikan, HUT ke-78 RI menandakan usia dan momentum yang perlu disyukuri. Mengingat Indonesia telah berhasil keluar dari pandemi Covid-19.

"Pandemi mengingatkan kembali arti gotong royong. Melalui kerja keras dan kerja bersama seluruh unsur pentahelix pandemi bisa kita lalui. Saya berharap Indonesia dapat terus melaju agar semakin maju sesuai dengan tema perayaan bulan kemerdekaan kita di tahun ini," katanya.

Pada 2023 ini pemerintah telah menetapkan tema HUT Ke-78 Kemerdekaan Indonesia yakni “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama, memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Pada 17 Agustus 2023  ada rangkaian kegiatan. Mulai dari Upacara Kehormatan dan Renungan Suci yang dilakukan pada dini hari. 

Dilanjutkan dengan Kirab Bendera Pusaka, Teks Proklamasi, dan Pertunjukan Seni, Rangkaian Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, dan Rangkaian Upacara Penaikan dan Penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023. (omy)