Tol Binjai-Pangkalan Brandan Terdapat Jembatan Baja Terpanjang di Tol Trans Sumatra

  • Oleh : Fahmi

Senin, 21/Agu/2023 15:07 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tol Binjai Pangkalan Brandan Capai 86 Persen, Terdapat Jembatan Rangka Baja Terpanjang di Tol Trans Sumatera.

Progres pembangunan tol Binjai Pangkalan Brandan terus dikejar pembangunannya.

Baca Juga:
Harga Rumah di Medan Jadi Naik 11 % Gegera ada Jalan tol Binjai-Pangkalan Brandan, Kok Bisa?

Project Director Jalan Tol untuk Binjai Pangkalan Brandan PT Hutama Karya, Hestu Budi mengatakan bahwa saat ini progres konstruksi ruas jalan tol Binjai - Pangkalan Brandan secara keseluruhan sudah mencapai 86 persen.

Hal ini diungkapkan Hestu Budi saat mendampingi Salamat Simanullang, Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Mereka melakukan tinjauan lapangan pada lokasi proyek konstruksi Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan dan Jembatan Sei Wampu kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Hadir juga perwakilan BPJT Kementerian PUPR dan Project Director untuk Binjai Pangkalan Brandan.

Salamat Simanullang dalam kunjungannya mengatakan terdapat 2 isu dalam pembangunan proyek tersebut.

Pertama mengenai isu sosial pembebasan lahan, dan terkait kondisi geologi anomali tanah, kondisi tanah yang cenderung basah. 

“Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan ini merupakan Proyek Strategis Nasional sehingga diharapkan dapat diselesaikan tepat waktu," jelas nya.

"Semua infrastruktur Proyek Strategis Nasional diharapkan oleh Bapak Presiden dapat selesai di tahun 2024” ungkap Salamat.

Project Director Jalan Tol untuk Binjai Pangkalan Brandan PT Hutama Karya, Hestu Budi mengatakan dalam pembangunan jalan tol ini tidak akan menjadi kendala yang berarti.

“Terkait 2 (dua) isu dalam pembangunan jalan tol ini tidak akan menjadi kendala yang berarti, namun akan ada sedikit  tambahan waktu dalam penyelesaiannya,” ujar Hestu.

Rombongan melakukan kunjungan pada proyek jembatan bentang panjang Sei Wampu pada proyek Tol Binjai-Pangkalan Brandan Zona II. 

Jembatan ini memiliki bentang 230 meter dan main span 130 meter tanpa penggunaan pilar di tengahnya.

Sehingga Jembatan Sei Wampu tersebut akan menjadi jembatan rangka baja terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera. 

Jembatan ini ditargetkan untuk dilakukan uji beban pada 18 Agustus 2023.

Jembatan Sei Wampu termasuk dalam tipe jembatan Continuous Bridge Truss, dimana jembatan ini terdiri dari rangka yang menerus. 

Tumpuan jembatan sendiri berada di tengah bentang yang tidak terpisah. Dengan menggunakan baja yang sepenuhnya berwarna merah, Jembatan Sei Wampu akan menjadi ikon tersendiri di Sumatra Utara, khususnya di Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan. (Fhm)