LRT Jabodebek Senin Pagi Masih Belum Bisa Angkut Penumpang, Tunggu Diresmikan Jokowi Dulu Ya!

  • Oleh : Fahmi

Senin, 28/Agu/2023 07:32 WIB
Stasiun Jatimulya Bekasi. (Istimewa) Stasiun Jatimulya Bekasi. (Istimewa)

BEKASI (BeritaTrans.com) - LRT Jabodebek akan mulai beroperasi pada Senin, 28 Agustus 2023 yang rencananya akan diremikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, masyarakat yang akan naik LRT Jabodebek tidak bisa pada pagi ini karena Jokowi akan mencoba terlebih dahulu pada siang hari nanti. Setelah Presiden mencoba dan menjajal LRT di Dukuh Atas nantinya warga masyarakat baru bisa mengakses LRT secara umum dan jadwal yang sudah ditentukan.

Baca Juga:
Layanan LRT Jabodebek saat Libur Lebaran, 260 Perjalanan Dijalankan Setiap Hari

Pantauan BeritaTran.com pada Senin (28/8/2023) pagi di Stasiun Jatimulya Bekasi, banyak calon penumpang yang hendak naik namun tidak bisa karena belum diresmikan Jokowi.

Petugas keamanan yang berjaga menghampiri calon penumpang yang hendak naik dan menerangkan bahwa layanan pada pagi ini belum tersedia. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Makin Malam, Ini Jadwal pada Jumat 19 Januari 2024

"Kita pagi ini belum buka, nanti siang tunggu diresmikan Jokowi," ujar Satpam yang berjaga.

Beberapa penumpang ada yang hanya menitipkan kendaraannya di tempat parkir stasiun lalu melanjutkan dengan moda lain dan berencana waktu pulang akan naik LRT.

Baca Juga:
Jadwal Operasional LRT Jabodebek Ditambah Sampai Jam 22.00 Mulai Hari Ini

"Iya belum jalan, ni naik bis arah Pulo Gadung dulu, nanti pulangnya aja ngambil motor dititip di sini sekalian cobain ini. Sudah gadung pengen nyobain sebenarnya," ujar Roni saat ditemui hendak berangkat ke tempat kerjanya.

Selain itu penumpang lain yang berjalan kaki tampak juga banyak yang kembali ke luar area stasiun karena belum resmi beroperasinya LRT pada pagi ini. 

Beberapa petugas tampak berjaga, mulai dari keamanan, pelayan tiket, hingga petugas di tap in tap out tiket.

Stasiun Jatimulya yang terletak dekat dengan pintu Jalan Tol Bekasi Timur. Tol itu ialah untuk akses arah Cikampek atau Bandung dan juga arah Jakarta.

Penumpang bisa masuk ke bangunan LRT City atau apartemen Grand Dhika City, Bekasi untuk menuju stasiun tersebut.

Stasiun ini memiliki dua akses tangga yang bisa digunakan. Tangga itu masing-masing terletak di sisi kanan dan kiri bangunan. Juga terdapat lift untuk penumpang prioritas.

Khusus di sisi kiri bangunan, ada eskalator yang bisa digunakan. Sementara di sisi kanan, akses yang tersedia untuk pengguna hanya sebatas anak tangga.

Setelah naik dari lantai dasar menuju ke lantai 1 bangunan, penumpang LRT akan masuk ke dalam area pembelian tiket.

Di sini pengguna LRT akan melewati proses tap-in dan tap-out kartu uang elektronik (KUE) sebelum kembali naik ke lantai 2 atau menuju ke area peron kereta.

Pembayaran atau tiket LRT Jabodebek menggunakan sistem cashless seperti menggunakan Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), KMT KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI PAY.

Bagi masyarakat yang kehabisan saldo ataupun belum membawa kartu uang elektronik, LRT Jabodebek menyediakan 2 unit Ticket Vending Machine untuk top up kartu uang elektronik dan loket penjualan kartu uang elektronik di setiap stasiun.

Setelah diresmikan, nantinya akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Dimana kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang.

Total ada sebanyak 31 trainset (rangkaian kereta) akan disiapkan, dengan rincian guna keperluan operasional terdapat 27 trainset (rangkaian kereta), serta sebanyak 4 trainset (rangkaian kereta) akan digunakan sebagai cadangan. Setiap trainset (rangkaian kereta) LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta.

LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB, dengan terdapat 2 line perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Stasiun Harjamukti/pp dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Halim - Stasiun Jatimulya/pp.

Sebelumnya diberitakan, LRT Jabodebek akan mulai beroperasi pada Senin, 28 Agustus 2023 yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).