Pelindo Marines Kembali Menangkan Tender Layanan Kapal Tunda untuk Operasional Migas

  • Oleh : Naomy

Kamis, 31/Agu/2023 19:36 WIB
Kapal tunda di Pelindo Marines Kapal tunda di Pelindo Marines


SURABAYA (BeritaTrans.com) – PT Pelindo Marine Service atau Pelindo Marines, kembali menangkan tender kontrak layanan kapal tunda untuk mendukung operasional minyak dan gas (migas) di anjungan Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO). 

“Kapal Tunda (KT.) Kresna 306 dan kru pelaut yang kompeten dari Pelindo Marines, kembali dipercaya untuk mendukung operasional anjungan migas milik PHE WMO di perairan lepas pantai barat Pulau Madura, Jawa Timur," tutur Direktur Utama Pelindo Marines Warsilan di Surabaya, Kamis (31/8/2023). 

Baca Juga:
Bulan K3, Pelindo Marine Ajak Warga Kampung Seng Berlatih Hadapi Bahaya Kebakaran

Sebelumnya, Pelindo Marines telah memenuhi kontrak untuk durasi tiga tahun, KT. Kresna 306 akan melanjutkan tugas hingga tiga tahun ke depan untuk kontrak yang baru. 

Warsilan menjelaskan, KT. Kresna 306 akan siaga 24 jam per hari dan tujuh hari per minggu untuk mendukung kegiatan produksi, eksplorasi, operasi logistik, hingga pemeliharaan di anjungan dan perairan wilayah operasinya. 

Baca Juga:
Kekeringan, Pelindo Marine Bantu Petani Pulau Madura Temukan Harta Karun Air Bersih

Dalam mendukung operasional offshore, kapal tunda memiliki sejumlah fungsi. Di antaranya mulai pelayanan penundaan kapal (towage), hingga melayani transportasi pekerja anjungan dan material logistik operasional. 

KT. Kresna 306 merupakan kapal tunda berkekuatan mesin hingga 2 x 1.575 tenaga kuda (horse power). 

Baca Juga:
Jalin Kerja Sama, Pelindo Marines Operasikan Kapal Tunda BUMD Dumai

"Kapal tunda ini telah dilengkapi propulsi ASD (Azimuth Stern Drive) yang membuatnya dapat bermanuver yang lebih lincah dan efisien, sehingga mumpuni untuk menjadi kapal tunda pendukung offshore," ungkapnya.

Dia menambahkan, layanan kapal tunda yang dioperasikan Pelindo Marines telah mampu memenuhi tingginya standar safety (keselamatan). 

Selain itu juga pemenuhan sejumlah kompetensi teknis untuk berbagai jenis pekerjaan sekaligus pada operasional kapal tunda di anjungan lepas pantai.

“Hal ini menunjukkan Pelindo Marines siap melebarkan pasar di luar captive market-nya. Tidak hanya layanan penundaan kapal kargo di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo, tetapi juga optimasi layanan kapal tunda untuk meningkatkan kinerja logistik nasional,” tambah Warsilan.

Pengangkutan FAME

SM Komersial Pelindo Marines Dhika Ramadhany Putra membenarkan, kini Pelindo Marines terus mendorong perluasan pasar layanan di luar captive market. 

Selain segmen layanan kapal tunda pendukung operasional offshore, anak usaha BUMN Pelindo tersebut juga menggarap jasa pengangkutan bioenergi FAME (fatty acid methyl esther/ester metil asam lemak) yang merupakan material produksi bahan bakar nabati. 

Pelindo Marines telah melayani segmen pasar pengangkutan FAME dari Pelabuhan Gresik ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang di tahun 2023 ini total kargo FAME yang diangkut telah mencapai lebih dari 345 ribu kiloliter. 

“Terbaru kami mengangkut FAME dari dermaga di Kawasan Industri Dumai, Riau, ke terminal khusus Plaju di Palembang, Sumatera Selatan, yang telah mencapai sekitar 8.000 kiloliter dalam dua kali pengangkutan saja. Rencananya pada triwulan 3 tahun 2023 akan ada order pengangkutan lagi,” tutupnya. (omy)