Dukung Kelancaran Pariwisata Jepara-Karimunjawa, ASDP Hadirkan Layanan Online Ticketing

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 02/Sep/2023 18:39 WIB
Layanan ASDP di lintas Karimun Jawa Layanan ASDP di lintas Karimun Jawa

JEPARA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus mengakselerasi digitalisasi penerapan layanan online ticketing, yang kali ini giliran akses menuju destinasi pariwisata favorit di Jawa Tengah, yakni Karimunjawa. 

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, manajemen tengah mempersiapkan penerapan online ticketing berbasis website melalui trip.ferizy.com di Pelabuhan Jepara untuk lintas Jepara-Karimunjawa pada 13 September 2023 dan Pelabuhan Karimunjawa untuk lintas Karimunjawa-Jepara pada 14 September 2023.

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

Shelvy menegaskan, ASDP akan terus mendukung perkembangan area wisata dan mempermudah perjalanan wisatawan. 

Melihat ramainya jumlah wisatawan yang berlibur ke Kepulauan Karimunjawa, ASDP memberikan solusi melalui pengadaan digitalisasi di Pelabuhan Jepara.

Baca Juga:
Selama Angleb, ASDP Layani Hingga 4,14 Juta Penumpang di 8 Lintasan

Kenyamanan perjalanan jalur laut selalu menjadi fokus ASDP terutama di wilayah kerja kita. Dengan adanya digitalisasi ini, pengguna jasa akan semakin mudah dan cepat, dan dapat merencanakan perjalanan mereka dengan sebaik-baiknya. 

Hal ini juga dapat mencegah adanya calon pengguna jasa yang tidak kebagian tiket,” kata Shelvy.

Baca Juga:
ASDP: Hampir 100 Persen Pemudik dari Sumatera via Penyeberangan Telah Kembali ke Jawa

Menurutnya, berdasarkan analisis manajemen adanya potensi masalah yang muncul seperti tingginya pembelian tiket dan adanya kemungkinan pembatalan keberangkatan pengguna jasa karena tidak tersedianya tiket, maka diperlukan implementasi perluasan layanan online ticketing berbasis website untuk diterapkan di lintas Jepara-Karimunjawa PP. 

"Tidak hanya perencanaan perjalanan, manfaat lainnya digitalisasi ini adalah pendataan manifest akan lebih akurat untuk menjaga validasi data secara akurat untuk jaminan perlindungan asuransi penumpang," ujarnya.

Berdasarkan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Jepara selaku pemilik pelabuhan, pemerintah Jepara, dan ASDP selaku operator kapal, akselerasi ticketing online ini akan memudahkan pembelian tiket dari manapun dan kapanpun. 

Calon penumpang juga dapat merencanakan perjalanannya sejak jauh hari atau H-60 keberangkatan.

Melihat antusiasme masyarakat berkunjung ke Karimunjawa, ASDP berupaya merealisasikan digitalisasi di Pelabuhan Jepara dan Karimunjawa dalam waktu dekat untuk mendukung kenyamanan dan keamanan pengguna jasa.

Data mencatat, jumlah total pengguna jasa yang menyeberang di lintas Jepara-Karimunjawa (PP) pada 2022 sebanyak 54.725 orang dan 10.371 kendaraan. 

Sedangkan pada periode Januari - Juli 2023 sebanyak 37.845 orang dan 6.957 unit kendaraan. 

Pelabuhan Jepara memiliki luas lahan sebesar 6.415 m2, yang dilengkapi dengan dermaga kapal cepat, dermaga kapal motor, dan terminal penumpang. 

Pelabuhan Karimunjawa memiliki luas lahan sebesar 8.627,96 m2, yang dilengkapi dengan dermaga kapal motor, dermaga kapal cepat, dan terminal penumpang. (omy)