KAI Commuter Ajak Masyarakat Milenial Naik KRL untuk Tekan Polusi Udara

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 09/Sep/2023 17:35 WIB
Aksi penampilan gerak tari dan menyanyi oleh insan KAI Commuter pada Roadshow Commuterline Pilihan Cerdas di Stasiun Gambir, Sabtu (9/9/2023). Aksi penampilan gerak tari dan menyanyi oleh insan KAI Commuter pada Roadshow Commuterline Pilihan Cerdas di Stasiun Gambir, Sabtu (9/9/2023).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter terus melakukan sosialisai terhadap penggunaan transportasi ramah lingkungan dan menekan penggunaan kendaraan pribadi.

Dihadirkan seorang artis yang juga merupakan pengguna harian KRL Commuterline yaitu Adrian Maulana saat Roadshow Commuterline Pilihan Cerdas di Stasiun Gambir, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga:
Dukung Timnas Lawan Uzbekistan, KAI Commuter Gelar Nobar Bersama Penumpang KRL di Stasiun BNI City

"Kita sudah Roadshow di stasiun-stasiun lain. Adanya Green Commuter dengan isu polusi udara di kota-kota besar seperti di Jakarta yang cukup meningkat, kita sarankan masyarakat gunakan transportasi umum, transportasi publik, transportasi yang berbasis masal," ujar VP Commercial KAI Commuter Teguh Triono saat kegiatan.

Teguh mengungkapkan, penggunaan transportasi KRL merupakan pilihan yang tepat karena dari segi waktu lebih efisien, cepat, lebih murah, ramah lingkungan dan menekan angka kemacetan karena kendaraan pribadi.

Baca Juga:
Penumpang KRL Meningkat di Hari Kerja, KAI Commuter Ajak Jaga Keselamatan

"Kita bisa menjadi orang yang cerdas memilih transportasi yang ramah lingkungan dan kita juga bisa membantu kemacetan lalu lintas dan menekan penggunaan pribadi," kata Teguh.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Teguh mengungkapkan, saat ini pengguna KRL terus ada peningkatan. Dan dia berharap peningkatan akan terus terjadi dan akan membuat hal yang positif terutama penggunaan transportasi masal.

"Alhamdulilah paskapandemi, jumlah penumpang berangsur membaik. Jumlah sudah mendekati ke normal ya, jadi sebelumnya rata-rata di 900 ribu, masa pandemi turun menjadi 150 ribu, sekarang sudah menuju 850 ribu perhari penumpangnya," sebutnya. 

"Kami berharap masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan sehingga kita menjadi supaya polusi ini bisa berkurang," sambung Teguh.

Pada pengenalan yang juga merupakan rangkaian hari ulang tahun ke 15 KAI Commuter, menyasar kaum milenial dengan menggandeng influencer yang aktif menggunakan transportasi umum terutama KRL Commuterline.

Artis Andrian Maulana pun berbagi pengalaman mengenai penggunaan trasnportasi publik terutama KRL. Dia bisa berhemat hingga Rp6 Juta lebih dalam satu bulan. 

Menurut Andrian banyak hal keuntungan yang didapatkan selama menggunakan moda transportasi masal, seperti lebih cepat, biaya murah, ramah lingkungan serta membuat tubuh menjadi sehat. 

"Alhamdulillah dengan hijrah menjadi pengguna Commuterline jelas kita punya yang kesehatan fisik karena ke mana-mana terbiasa naik turun tangga. Yang kedua kesehatan dari segi mental. Kenapa?, Karena dengan menghemat waktu kita enggak jadi stres." 

"Yang ke tiga aspek kesehatan finansial penghematan. Yang terakhir, kesehatan lingkungan, karena dengan kalau kita ramai-ramai beralih menggunakan transpotasi umum salah satunya Commuterline, kita juga memiliki kontribusi terhadap bumi, bisa mengurangi polusi," cerita Andrian.

Dia pun mengajak masyarakat untuk beralih ke moda transportasi publik karena banyak hal positif."
Ayo kita jadi bermanfaat! Kita gunakan transportasi publik semaksimal mungkin," ajaknya.

Dikenalkan pula kartu pembayaran milik KAI Commuter saat ini sudah terinterasi. Masyarakat saat ini sudah bisa menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) untuk moda tranaportasi lain seperti Transjakarta, MRT, LRT Jabodebek, hingga Transjatim. 

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan penampilan dari millenials insan KAI Commuter untuk menyemarakkan kegiatan dengan menampilkan gerak tari dan lagu-lagu yang familiar. Hal ini juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepada pengguna di area Stasiun dan meningkatkan minat masyarakat untuk naik transportasi publik.

Penampilan dari insan KAI Commuter juga pecah dan menghibur pengunjung serta penumpang kereta api yang ada di Stasiun Gambir.(fhm)