Meriahkan Harhubnas 2023, Kemenhub Gelar Lomba Mewarnai Bagi Siswa di Daerah Perbatasan

  • Oleh : Naomy

Minggu, 10/Sep/2023 11:19 WIB
Lomba jelang Harhubnas di Nunukan, Kaltim Lomba jelang Harhubnas di Nunukan, Kaltim

 

NUNUKAN (BeritaTrans.com) - Peringati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2023, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Sei Nyamuk Nunukan mengadakan Lomba Mewarnai. 

Baca Juga:
Ditjen Hubla Tingkatkan Kompetensi Manajerial Melalui Workshop

Lomba ini diikuti oleh total 145 peserta, terdiri dari 50 peserta SD, 15 peserta TK, dan 80 peserta Paud, di halaman KUPP Kelas III Sungai Nyamuk, Sabtu (9/9/2023).

Kepala KUPP Kelas III Sungai Nyamuk, Syahruddin menjelaskan, lomba mewarnai ini merupakan bagian dari perayaan Harhubnas yang akan jatuh 17 September 2023, dengan tema "Melaju Untuk Transportasi Maju".

Baca Juga:
Ditjen Hubla Lakukan Pengawasan dan Pengendalian BMN

“Sesuai dengan agenda dan teman menyambut Hari Perhubungan Nasional, yaitu “ Melaju Untuk Transportasi Maju” dalam lomba ini peserta mewarnai tiga gambar yang bertemakan transportasi, yaitu gambar mobil, kapal laut dan kereta api," ujarnya.

Baca Juga:
Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok Hadiri Kegiatan Penyusunan Rancangan Pedoman dan Pemberian Penghargaan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) KPLP

Selain sebagai perayaan Harhubnas, lomba ini juga dianggap sebagai ajang pencarian bakat di bidang seni, terutama untuk pelajar di perbatasan seperti Sebatik. Acara ini mendapatkan dukungan yang meriah dari peserta, guru, dan orang tua.

"Di sini selain peserta orang tua juga turut hadir untuk memberikan dukungan terutama para guru dan pembina dari sekolah asal peserta, sehingga terlihat meriah," ucapnya.

Syahruddin juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, seperti kantor kecamatan, Forkopimda, pengusaha, dan agen pelayaran, yang telah berkontribusi untuk kesuksesan acara ini.

Untuk meningkatkan pengetahuan dalam mewarnai dan melukis, ke depan pihak KUPP bersama seniman akan mengadakan pelatihan khusus bagi guru TK dan Paud oleh pelatih yang kompeten di bidangnya. 

Tujuannya adalah agar guru dapat memberikan panduan yang lebih baik kepada anak didik mereka.

"Pelatihan bertujuan agar dapat memberikan pengetahuan dan teknik mewarnai serta melukis yang nantinya akan mereka terapkan kepada anak didiknya, sehingga hasilnya akan lebih baik lagi, bila mereka mengikuti event serupa," imbuhnya.

Dalam hal penilaian lomba, panitia telah mendatangkan juri berkompeten dari kota Tarakan. Kriteria penilaian mencakup kreativitas, komposisi warna, dan kerapian. 

Lomba ini tidak mengikutkan penilaian terhadap garis dan bentuk gambar, karena fokus pada imajinasi peserta.

Khusni Thamrin, salah seorang juri, mendukung rencana pelatihan khusus bagi guru. Dia mengatakan bahwa hal ini penting karena masih ada kekurangan dalam pengetahuan peserta tentang cara mewarnai yang benar. 

Dengan demikian, para guru dapat memberikan contoh yang lebih baik kepada anak didik mereka.

“Perlu memang  meningkatkan kompetensi guru bidang seni, paling tidak bisa memahami gambar itu seperti apa, sehingga kedepannya mewarnai itu bisa lebih sempurna," ungkapnya.

Sekretaris Camat Sebatik Utara, Suryadi, mengapresiasi lomba mewarnai ini, dia menyatakan bahwa hal ini dapat meningkatkan kreativitas, khususnya di bidang seni. 

Dia berharap bahwa jumlah peserta akan terus bertambah di masa depan dan bahwa anak-anak pelajar di Sebatik akan semakin kreatif.

"Lomba ini dapat meningkatkan kreativitas khususnya di bidang seni. Harapan ke depannya lomba dapat ditingkatkan lagi, agar kedepan jumlah peserta lebih banyak lagi dan anak-anak pelajar di Sebatik menjadi lebih kreatif," tutupnya.

Pemenang lomba mewarnai ini, baik juara 1, 2, dan 3, maupun harapan 1, 2, dan 3, menerima hadiah berupa tropi, sertifikat, dan uang pembinaan dari panitia. Berikut adalah nama-nama para pemenang:

Berikut nama-nama para pemenang:

Juara 1
MI As'Adiyah Sungai Nyamuk
An. Alea Syakira Azzahra

Juara 2
KB. Nur Annisa
An. Andi Muhammad Ikhwan

Juara 3
TKIT Al Huda Tanjung Harapan
An. Raina Miyuki Athabina

Harapan I
SDN 001 Sebatik Timur
An. Shane Nathalia Lavina

Harapan II
TK. Negeri Pembina Sebatik Utara
An. Syafika Ramahdhani

Harapan III
KB. Pastabigul Khairat Lapri
An. Nur Shakira. (omy)