Outlook Parekraf 2023/2024 Diterbitkan

  • Oleh : Naomy

Selasa, 12/Sep/2023 16:32 WIB
Penerbitan Outlook Parekraf Penerbitan Outlook Parekraf


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (parekraf) 2023/2024 diterbitkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Outlook itu menyajikan informasi secara komprehensif mengenai perkembangan terkini seputar dunia parekraf.

Baca Juga:
Menparekraf: Ekonomi Berkelanjutan Jadi Kunci Pariwisata Indonesia Sebagai Destinasi Global

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin  mengatakan, produk   yang dihadirkan Deputi Kebijakan Strategis ini dapat dijadikan sebagai panduan oleh para pelaku usaha parekraf dalam menyusun rencana strategis tahun 2023-2024.

“Saya undang semua untuk membaca outlook yang baru diterbitkan. Pastikan dilihat point per point untuk para pelaku wisata, karena disitu mengandung informasi-informasi penting termasuk soal ekonomi kreatif Indonesia,” jelas Menparekraf Sandiaga dalam dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, yang dilangsungkan secara hybrid, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Baca Juga:
Menparekraf: BaliSpirit Festival 2024 Perkuat Indonesia sebagai Destinasi Wellness Tourism Dunia

Sandiaga mendorong untuk dilakukan bedah konten untuk membahas lebih dalam mengenai Outlook Pariwisata 2023/2024 melalui Forum Grup Discussion (FGD). 

Dengan begitu, menghasilkan sejumlah rekomendasi mengenai strategi atau program pengembangan sektor parekraf.

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

"Silakan dibedah melalui FGD untuk membawa satu keyakinan agar pariwisata dan ekonomi kreatif segera bangkit dan pulih dan menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati menjelaskan, tahun ini Kemenparekraf membawa semangat inovasi yang selama ini selalu digaungkan dan juga semangat kolaborasi. 

Panduan ini menyajikan expert survey yang menghadirkan pandangan dari berbagai pemimpin dan ahli di bidang parekraf.

Selain itu juga terdapat aspek penting yaitu mengenai pencapaian sektor pariwisata. Para pembaca dapat menemukan data dan statistik terbaru, terutama mengenai pertumbuhan, kontribusi ekonomi, dan peristiwa signifikan yang memenaruhi sektor ini.

Kemudian mengenai kondisi dan dinamika lingkungan strategis yang memengaruhi sektor ini mencakup analisis makroekonomi, dampak perubahan dalam industri penerbangan, peran event dalam promosi pariwisata, dan transformasi digital yang memengaruhi perubahan dalam sektor parekraf.

“Tentunya digitalisasi produk dan artificial intelligence memiliki peran signifikan dan juga membuat tantangan terkait Hak Kekayaan Intelektual,” kata Dessy.

Teknologi juga akan semakin memacu ekonomi kreatif sehingga di subsektor game, aplikasi dan industri film serta animasi dan video, kami berharap juga ini menjadi salah satu yang terus populer bersama dengan kuliner sebagai bisnis pilihan masyarakat Indonesia.

"Implikasi ke depan kami harap terus fokus pada program digitalisasi dan penguatan kapasitas pelaku usaha untuk menghadapi dunia yang semakin digital,” ucapnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Outlook Parekraf 2023/2024 dapat mengakses tasransel.kemenparekraf.go.id atau link motce.id/outlook2324. (omy)