Tentara Amerika Puji Kesuksesan TNI Gelar Latihan Militer Terbesar Sepanjang Sejarah

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 13/Sep/2023 19:39 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.S.,M.M., dengan resmi menutup latihan gabungan bersama Super Garuda Shield 2023.

Baca Juga:
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Serahkan Jabatan Kasad Kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Latgabma Super Garuda Shield yang melibatkan pasukan gabungan multinasional tiga matra Darat, Laut, Udara selain mendorong kerjasama regional maupun internasional serta interaksi budaya, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan interoperabilitas militer negara-negara yang berpartisipasi dalam melakukan operasi gabungan tidak hanya antar matra namun juga antar negara dengan berbagai tingkat kesulitan karena perbedaan dalam doktrin.

Hal ini pernah disampaikan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Upacara penutupan latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield tahun 2023, bertempat di Lapangan Upacara Pusat Latihan Tempur 5 Marinir Baluran, Asembagus, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga:
Alutsista Terbaru TNI AU Siap Kawal Kedaulatan Udara Nasional

Latgabma Super Garuda Shield merupakan suatu upaya untuk meningkatkan hubungan multilateral antar negara yang direfleksikan dalam bentuk komitmen persahabatan antar negara sebagai kemitraan strategis yang berperan penting dalam keharmonisan pertahanan dan keamanan.Demikian sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.S.,M.M.,  

"Dalam latihan tahun ini telah kita saksikan bersama bertambahnya negara mitra yang turut berpartisipasi baik mereka yang mengirimkan pasukan sekaligus Alutsistanya maupun yang mengirimkan observernya," pungkas Letjen TNI Bambang Ismawan. 

Baca Juga:
Panglima TNI Ajukan Kenaikan Uang Lauk Pauk Prajurit TNI

"Kemampuan, dedikasi, dan profesionalisme yang didemontrasikan seluruh peserta selama latihan telah melebihi ekspektasi," tambahnya.

Sementara itu, Kolonel David J. Zinn, Wakil Komandan Operasi Umum Divisi Infanteri ke-25 Angkatan Darat AS memuji dan mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap TNI telah menjadi tuan rumah yang profesional dan luar biasa. Ia juga menyampaikan bahwa latihan ini memberikan banyak pelajaran tentang interoperabilitas dan mendorong terwujudnya kerjasama yang lebih baik di kawasan.

Super Garuda Shield 2023 adalah latihan tahunan yang ruang lingkup dan ukurannya telah berkembang secara signifikan sejak tahun 2009. Latihan kali ini menunjukkan komitmen tujuh negara peserta dan 12 negara pengamat terhadap kemitraan dan terwujudnya Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Turut hadir dalam upacara penutupan tersebut Dankodiklat TNI, Wakapuspen TNI dan pejabat TNI lainnya.(ahmad)