Jalur Kereta Api Bengkulu-Sumatera Selatan Bakal Dibangun, Ini Rencananya!

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 22/Sep/2023 10:37 WIB
Ilustrasi pengerjaan rel kereta api. (Ilustrasi) Ilustrasi pengerjaan rel kereta api. (Ilustrasi)

BENGKULU (BeritaTrans.com) - Pemerintah Provinsi Bengkulu serius mengupayakan pembangunan rel kereta api yang akan menghubungkan provinsi berjuluk Bumi Rafflesia itu dengan Provinsi Sumatera Selatan dapat segera terealisasi.

"Sudah ada dua kali pertemuan dengan investor, doakan bersama-sama semoga investor ini benar-benar serius sehingga pembangunan jalur ini terealisasi," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Bambang ASB di Bengkulu, Senin (18/9/2023).

Bambang mengatakan inisiasi pembangunan tersebut sudah dicanangkan cukup lama, namun sampai saat ini infrastruktur tersebut belum terwujud.

"Sudah cukup lama ya (namun setelah itu tidak terealisasi), dan sekarang sedang berproses, jika tidak ada kendala, pelaksanaan pembangunan jalur rel kereta api Bengkulu-Sumatera Selatan sebagaimana yang diimpikan oleh masyarakat bisa terwujud," kata dia.

Pembangunan direncanakan menghubungkan stasiun paling ujung Sumatera Selatan yakni di Kota Padang Lubuklinggau menuju stasiun kereta api Bengkulu di Pelabuhan Pulau Baai.

Keberadaan kereta api itu nantinya dapat membuka akses lebih baik lagi antara pelabuhan milik Bengkulu dengan wilayah lintas tengah pulau Sumatera yang berada di provinsi-provinsi Sumatera Bagian Selatan.

Dengan itu, akses barang dan penumpang terkoneksi langsung dengan Pelabuhan Pulau Baai yang berada di jalur tol laut pulau Sumatera.

Dan, pelabuhan di Bumi Rafflesia itu nantinya menjadi pintu masuk potensial distribusi barang dan orang untuk wilayah yang berbeda di jalur lintas tengah Pulau Sumatera, terutama wilayah Sumatera Bagian Selatan.

"Ini akan memberikan dampak yang sangat positif khususnya terkait dengan perkembangan Pelabuhan Pulau Baai, kami berharap sekali bahwa Pulau Baai dengan adanya jalur kereta api ini itu bisa menjadi sentra aktivitas ekonomi Provinsi Bengkulu," ucapnya.

Untuk pembangunan, Pemerintah Provinsi Bengkulu sedang menjajaki pembiayaan dari pihak swasta. Saat ini, menurut Bambang sudah ada beberapa investor yang melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu terkait investasi jalur kereta api tersebut.

"Kami baru berupaya menargetkan pelaksanaan pembangunan itu swasta murni, investasi swasta murni ini sedang berproses, sedang berjalan. Ada berapa kali pertemuan yang dipimpin oleh Gubernur, dengan beberapa OPD terkait, ini sedang berjalan," ujarnya.(fhm/sumber:antara)