Syarat dan Cara Naik Kereta Api Cepat Whoosh Jakarta-Bandung Gratis

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 23/Sep/2023 09:01 WIB
Masyarakat saat mencoba uji coba KA Cepat Jakarta Bandung yang kini bernama Whoosh. Masyarakat saat mencoba uji coba KA Cepat Jakarta Bandung yang kini bernama Whoosh.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah resmi memberi nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan nama baru yaitu "Whoosh" pada Kamis 21 September 2023. Nama itu memiliki kepanjangan Waktu Hemat, Operasi Optimal dan Sistem Handal. Saat ini masyarakat bisa naik uji coba Whoosh secara gratis sampai 30 September 2023 mendatang.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi saat peluncuran nama baru tersebut menjelaskan nama itu diambil sesuai dengan pengalaman para menteri dan Presiden Jokowi saat menjajal kereta cepat. Pasalnya, 'WHOOSH' juga merupakan ungkapan untuk menggambarkan kecepatan.

Baca Juga:
Gempa Garut Magnitudo 6,5, KCIC Pastikan Operasional Whoosh Tetap Normal

Menhub berharap penamaaan ini makin meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap kereta cepat, yang akan membawa peradaban baru, yang menjadikan Indonesia semakin diperhitungkan dunia dan akan mendukung terwujudnya visi misi Indonesia Emas di Tahun 2024.

Pemerintah melalui PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai operator KA Cepat telah memulai fase uji coba Whoosh kepada masyarakat secara gratis.

Baca Juga:
Belum Layani Penumpang, Stasiun Whoosh Karawang Punya Peran untuk Pastikan Kelancaran Perjalanan

Sejak tanggal 15 September lalu, hingga 30 September 2023 mendatang, masyarakat diberikan kesempatan langka untuk menjajal kecepatan Whoosh. Untuk tahap awal sudah memenuhi kuota.

Namun, KCIC membuka pendaftaran tahap kedua pada tanggal 24 September 2023 untuk keberangkatan dari tanggal 25 hingga 30 September 2023.

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

Syarat Uji Coba Whoost

Simak persyaratan berikut:

• Saat mendaftar hanya boleh melakukan pemesanan maksimal 2 orang

• 1 NIK hanya boleh melakukan pemesanan 1 kali selama uji coba

Cara Daftar Online Uji Coba Whoosh

Jadi, bagaimana cara mendaftar? Caranya cukup mudah, kunjungi situs web resmi PT KCIC dan daftarkan diri Anda. Untuk dapat menikmati kesempatan ini, langkah-langkahnya sangat mudah:

- Kunjungi Portal Pendaftaran Resmi
Buka portal pendaftaran resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di https://ayonaik.kcic.co.id/

- Isi Data Pribadi Anda
Isikan data pribadi yang diminta, termasuk nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK), tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, email aktif, dan kode captcha yang muncul di layar. Setelah selesai, klik "Lanjutkan".

- Pilih Rute dan Kelas Kereta
Pilih stasiun keberangkatan dan tujuan, tanggal dan jam keberangkatan, serta kelas kereta yang Anda inginkan.

- Konfirmasi Data Pendaftaran Anda
Setelah memilih stasiun, tanggal, jam, dan kelas kereta, Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi data pendaftaran.

Pastikan untuk memeriksa kembali data yang Anda masukkan dan pastikan tidak ada kesalahan. Jika semuanya benar, klik "Iya". Jika masih ada yang perlu diperbaiki, klik "Tidak".

- Selesai, Anda Terdaftar untuk Menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis!
Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menerima konfirmasi bahwa Anda berhasil mendaftar untuk menjajal Whoosh secara gratis.