Pendaftaran Uji Coba Gratis KA Cepat Whoosh Dibuka Lagi, Ini Cara Daftar yang Benar!

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 24/Sep/2023 12:48 WIB
Penumpang KA Cepat Whoosh saat melakukan perjalanan dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar pada uji coba tahap 1. Penumpang KA Cepat Whoosh saat melakukan perjalanan dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar pada uji coba tahap 1.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Uji coba operasional KA Cepat Whoosh gratis dengan masyarakat tahap pertama mendapat respons positif sejak awal diberlakukan pada 15 September 2023. Hal itu disampaikan Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa, Ahad (24/9/2023).

"Puluhan ribu masyarakat itu telah merasakan sensasi perjalanan menggunakan KA Cepat Whoosh dari Jakarta menuju Bandung ataupun sebaliknya. Tidak sedikit dari mereka yang merasa takjub dan bangga dengan kehadiran KA Cepat Whoosh," kata Eva dalam keterangan resmi.

Baca Juga:
Belum Layani Penumpang, Stasiun Whoosh Karawang Punya Peran untuk Pastikan Kelancaran Perjalanan

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan, PT KCIC kembali membuka pendaftaran uji coba KA Cepat Whoosh tahap 2. 

Eva menjelaskan, pendaftaran tahap kedua akan dibuka pada 24 September 2023 untuk keberangkatan tanggal 25-30 September dan pendaftaran uji coba operasional KA Cepat Whoosh dengan penumpang tidak berbayar ini hanya bisa dilakukan melalui situs http://ayonaik.kcic.co.id/. 

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

Mengingat animo yang tinggi, masyarakat diminta untuk terus memantau informasi dan update terkait pendaftaran uji coba tidak berbayar KA Cepat Whoosh di saluran-saluran komunikasi PT KCIC. 

"Kegiatan uji coba KA Cepat tidak berbayar bersama penumpang ini akan dilakukan hingga 30 September 2023 dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan KA Cepat," kata Eva.

Baca Juga:
Kecepatan Whoosh Dibatasi Gegara Hujan Lebat, Perjalanan Terlambat

Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, setiap harinya KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP). Total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya.

Jadwal Uji Coba Tahap Ke 2

Selama masa uji coba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023 dengan Jadwal sebagai berikut : 

1. Stasun Halim - Tegalluar PP dengan waktu keberangkatan pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB. 

2. Stasiun Tegalluar - Halim PP dengan waktu keberangkatan pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB. 

Cara Daftar Uji Coba Whoosh Gratis

Adapun rincian mengenai waktu dan tata cara mengikuti uji coba operasional KA Cepat Whoosh tidak berbayar untuk masyarakat umum tahap kedua adalah sebagai berikut: 

1. Pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25 s.d 30 September 2023

2. Buka website ayonaik.kcic.co.id 

3. Pilih rute perjalanan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. 

4. Isi data penumpang sesuai dengan identitas dan ikuti alur pendaftaran. 

5. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran 

6. Satu pendaftar dapat melakukan pemesanan untuk maksimal 2 penumpang. 

4. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan 1 kali selama masa uji coba. 

5. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas . 

Sama halnya seperti uji coba tahap pertama, setiap penumpang yang tercatat pada manifest perjalanan pada uji coba tahap kedua dipastikan sudah terlindungi asuransi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Eva juga mengimbau masyarakat memperhatikan jadwal perjalanan yang tersedia setiap harinya hingga 30 September 2023. Calon penumpang disarankan untuk tiba selambat-lambatnya satu jam sebelum perjalanan di stasiun keberangkatan guna menghindari antrian saat proses verifikasi data calon penumpang dilakukan. 

"Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Whoosh Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum. Untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerjasama dengan Damri dan Mall Summarecon  menyediakan armada shuttle bagi masyarakat. Adapun titik keberangkatan adalah Pool Damri Soekarno Hatta Bandung dan kawasan Mall Summarecon," terang Eva.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.(fhm)