Kebakaran TPS di CBL Bekasi, Asap Sampai ke Jalan Tol Cibitung

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 26/Sep/2023 07:39 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BEKASI (BeritaTrans.com) - Kebakaran hebat melanda Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di pinggiran Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) dan sebagian pemukiman penduduk.

Kebakaran TPS itu mengakibatkan melambungnya asap tebal yang mempengaruhi jarak pandang pengendara yang melintas ruas jalan tol Cibitung - Cilincing.

Kebakaran TPS tersebut terjadi di Kampung Buwek Raya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan pada Ahad, 24 September pukul 15:00.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri mengatakan, ratusan personel Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi saat ini masih terus berjuang menaklukkan kebakaran lahan TPS tersebut.

Menurut Hasan, kobaran api diduga terjadi sejak Sabtu 23 September 2023.

“Kebakaran yang terjadi di lahan eks pembuangan sampah ini cukup parah dengan sebaran api mencapai 800 meter lebih dan terus meluas,” jelas Hasan Basri saat memimpin pemadaman di Desa Sumberjaya.

“Kita masih terus berupaya memadamkan kobaran api sejak Sabtu lalu dengan menerjunkan personel dan mobil pemadam kebakaran,” tambahnya yang kedua pada Senin (25/09/2023).

Hasan menjelaskan, kondisi sampah yang mengering akibat musim kemarau ditambah dengan ketebalan sampah yang mencapai kurang lebih 10 meter membuat jangkauan kobaran api begitu cepat.

Pemadaman membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat sampah yang terbakar ketebalannya kurang lebih mencapai 3 meter persegi.

Mengutip sumber @bekasi_kab yang bertajuk ‘Dinas Damkar Kabupaten Bekasi Berusaha Keras Padamkan Kebakaran TPS di CBL’, dari media sosial resmi.

Informasi tambahannya datang dari Hendri yang mengatakan, bahwa TPS liar ini sudah ditutup oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi pada tahun lalu.

Penegak Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menduga bahwa TPS liar ini telah beroperasi sejak tahun 2014 hingga Januari 2022.

Dimana data tersebut diketahui dengan luas sekitar 3,6 hektar dan total timbunan sampah diperkirakan mencapai sekitar 500 ribu meter kubik.(fhm)