Jadwal Perjalanan LRT Jabodebek Jumat 29 September 2023, Tarif Flat Rp 5000 Besok Terakhir

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 29/Sep/2023 09:49 WIB
LRT Jabodebek. (Foto/dok.BKIP Kemenhub) LRT Jabodebek. (Foto/dok.BKIP Kemenhub)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mulai Selasa 27 September 2023 kemarin, waktu perjalanan atau jadwal LRT Jabodebek semakin lebih malam.

PT Kereta Api Indonesia terus menambah jadwal perjalanan LRT Jabodebek secara bertahap sejak diresmikan pada Agustus lalu. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Hari Ini Rabu 24 April, Tarif Promo Belaku di Jam Berikut!

Masyarakat yang ingin berpergian dengan LRT Jabodebek harus mengetahui jadwal dan waktu tunggunya di stasiun terutama untuk setiap waktu di tiap harinya. 

Dikutip dari akun Instagram @lrt_jabodebek, jarak waktu kedatangan antar kereta menjadi lebih cepat, yaitu Jati Mulya - Cawang (PP) dan Harjamukti - Cawang (PP) menjadi 15 menit. Sedangkan untuk relasi Cawang - Dukuh Atas (PP) menjadi 7,5 menit.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Sabtu 20 April, Tarif Promo Terjauh hanya Rp 10.000

Berikut jadwal LRT Jabodebek pada 29 September 2023 

Jadwal Keberangkatan Pertama
1. Relasi Jatimulya - Dukuh Atas : 05:00 WIB
2. Relasi Harjamukti - Dukuh Atas : 05:12 WIB
3. Relasi Dukuh Atas - Harjamukti : 05:12WIB
4. Relasi Dukuh Atas - Jatimulya : 06:00 WIB

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 19 April, Tarif Promo Belaku di Jam Ini!

Jadwal Keberangkatan Terakhir
1. Relasi Jati Mulya - Dukuh Atas : 19.00 WIB
2. Relasi Harjamukti - Dukuh Atas : 19.57 WIB
3. Relasi Dukuh Atas - Jati Mulya : 19:58 WIB
4. Relasi Dukuh Atas - Harjamukti : 19:57 WIB

Dengan penyesuaian perjalanan ini, masyarakat agar kembali memperhatikan jadwal keberangkatan LRT Jabodebek. 

Vice President Public Relations KAI - Joni Martinus mengatakan bahwa seiring bertambahnya jumlah perjalanan, akan ada penyesuaian jadwal perjalanan. Dengan demikian, layanan LRT Jabodebek akan melayani masyarakat menjadi lebih malam dari jadwal sebelumnya.

Nantinya pada saat beroperasional penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB. 

LRT Jabodebek terdapat 2 line perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang – Stasiun Harjamukti/pp  dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas – Cawang - Stasiun Jatimulya/pp.

Di daerah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) terdapat 18 stasiun yang melayani penumpang, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Tarif Flat Rp5000 Terkahir Sampai 30 September

LRT Jabodebek berlakukan tarif promo berupa diskon sebesar 78% yang diwujudkan dalam tarif flat sebesar Rp 5.000,- untuk seluruh lintas pelayanan. 

Kementerian Perhubungan menerapkan tarif promo ini hingga 30 September 2023.  

“Setelah September ini, kami akan berlakukan skema tarif maksimal Rp 20.000 untuk seluruh lintas pelayanan, namun tetap kami buka opsi untuk pemberlakuan promo dengan skema lain jika ada masukan lebih lanjut,” ujar Juru Bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati, Kamis (7/9/2023). 

Nantinya saat beroperasi normal, tarif LRT Jabodebek ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.  

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp 5.000 untuk 1 km pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp 700 per Km selanjutnya.  

Masyarakat dapat menggunakan LRT Jabodebek dengan mudah melalui pembayaran nontunai seperti Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), Kartu Multi Trip KAI Commuter, Scan Qris, Link Aja, dan KAI PAY. (fhm)