ASDP Kembali Operasikan KMP Ferrindo V, Layani LDF Rute dari Patimban ke Pontianak dan Banjarmasin

  • Oleh : Naomy

Rabu, 04/Okt/2023 17:01 WIB
Layanan ASDP di Pelabuhan Patimban Layanan ASDP di Pelabuhan Patimban

SUBANG (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan kembali KMP Ferrindo V mulai Selasa (3/10/2023) dari Pelabuhan Patimban. 

KMP Ferrindo V itu layani pelayaran jarak jauh (Long Distance Ferry) dengan lintasan Patimban - Pontianak dan Patimban - Banjarmasin. 

Baca Juga:
ASDP Terus Pacu Layanan Perintis ke Destinasi Wisata di Wilayah 3T

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin menyambut baik pengoperasian kembali kapal berukuran 3.556 GT tersebut untuk mengoptimalkan pelabuhan Patimban dan perkuat jaringan logistik Jawa-Kalimantan. 

“Dengan resminya KMP Ferrindo V yang kembali berlayar, ASDP kembali melayani penyeberangan angkutan barang di rute alternatif penghubung logistik pulau Jawa dan Kalimantan," ujarnya, Rabu (4/10/2023). 

Baca Juga:
ASDP: Pengguna Ferizy Capai 2,32 Juta Orang

Dia mengatakan, kehadiran layanan LDF lintas baru ini akan mengurangi kemacetan dan beban jalan akibat volume kendaraan yang besar serta dimensi dan volume muatan kendaraan yang menyalahi ketentuan atau over dimension over load (ODOL) di antara dua wilayah tersebut.

"Dengan demikian, kami juga turut mengurangi tingkat polusi udara dari emisi gas buang angkutan jalan. Selain itu, layanan lintas LDF juga akan mendorong pertumbuhan sektor lainnya seperti industri dan perdagangan, sehingga memberikan dampak berantai (multiplier effect), yang positif khususnya di dua titik penyeberangan, sekaligus secara nasional," paparnya.

Baca Juga:
Trafik Penyeberangan Jawa-Sumatera terpantau Normal Lancar

Pengoperasian LDF lintas Patimban menuju Kalimantan ini diharapkan dapat mendukung pembangunan daerah sekitar Patimban dan dua kota di Kalimantan dengan memunculkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru serta mendukung pembangunan nasional secara keseluruhan.

Shelvy memastikan dari aspek keselamatan dan keamanan, KMP Ferrindo V sudah memenuhi standar sebelum kembali berlayar.

“ASDP berkomitmen menghadirkan layanan prima, sehingga menempatkan keselamatan dan keamanan kapal sebagai prioritas," tegasnya.  

KMP Ferrindo V yang memiliki kapasitas angkut sebanyak 109 unit kendaraan kecil dan campuran ini, akan melayani lintasan pelabuhan Patimban menuju pelabuhan Dwikora, Pontianak sejauh 420 mil dengan waktu tempuh berlayar berkisar 38 jam. 

Pada lintasan Patimban - Pontianak, KMP Ferrindo V dijadwalkan sebanyak tiga kali keberangkatan setiap bulannya. 

Di bulan ini, jadwal keberangkatan dari Patimban menuju Pontianak tersedia pada 3, 10, dan 24 Oktober 2023. 

Sedangkan untuk perjalanan dari Pontianak menuju Patimban tersedia di 5, 12, dan 26 Oktober 2023. 

"Untuk jam keberangkatan  masih bersifat situasional mengikuti pasang surut laut dan intensitas kegiatan di dermaga," imbuh dia.

Sedangkan untuk lintasan pelabuhan Patimban menuju pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, KMP Ferrindo V akan berlayar sejauh 444 mil dengan estimasi waktu tempuh berlayar dua jam lebih lama dibandingkan tujuan Pontianak yakni 40 jam. 

Kapal dengan panjang keseluruhan mencapai 91.74 meter tersebut dijadwalkan sebanyak satu kali keberangkatan setiap bulannya di lintasan Patimban - Banjarmasin. 

Pada bulan ini, jadwal keberangkatan dari Patimban menuju Banjarmasin tersedia pada Selasa (17/10/2023). 

"Sedangkan untuk perjalanan dari Banjarmasin menuju Patimban, Kamis (19/10/2023)," kata Shelvy.

Jam keberangkatan bersifat situasional mengikuti pasang surut laut dan intensitas kegiatan di dermaga. (omy)