Skema Pembangunan Tol Berkeadilan Ala Anies, Warga Harus Diberi Saham hingga Dapat Biaya Operasional Tol

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 10/Okt/2023 08:31 WIB
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bersilaturahmi dengan pemuka agama di Pondok Pesantren (Ponpes) Asy-Syadzili, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Ahad, 8 Oktober 2023. (Tim Media Anies Baswedan) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bersilaturahmi dengan pemuka agama di Pondok Pesantren (Ponpes) Asy-Syadzili, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Ahad, 8 Oktober 2023. (Tim Media Anies Baswedan)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam silaturahmi di Pondok Pesantren (Ponpes) Asy-Syadzili, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Ahad, 8 Oktober 2023, Anies Baswedan mencanangkan skema pembangunan jalan tol yang berkeadilan.

Dalam skema ini, ia menginginkan agar tanah warga yang terdampak pembangunan jalan tol turut mendapat saham saat jalan tol itu tuntas. 

“Terkait pembangunan jalan tol, saya dapat pertanyaan, nanti diteruskan tidak? Nah saat pembangunan jalan tol kan tanahnya dibebaskan, pertanyaannya apakah boleh rakyat kebanyakan yang punya tanah bukan dijual begitu saja tapi mereka mendapatkan porsi kepemilikan saham di dalam investasi jalan tol," kata Anies.

Anies mencontohkan pembangunan jalan tol yang berprinsip keadilan, yakni rakyat kebanyakan atau pemilik tanah yang dilewati jalan tol akan dimasukkan sebagai pihak yang ikut memiliki saham dari tol tersebut. Sehingga keuntungannya bukan hanya diterima investor saja, melainkan juga rakyat kebanyakan.

“Jadi bukan investor datang diambil alih tanahnya kemudian rakyat yang punya tanah hanya menonton. Meskipun jumlahnya besar di awal tapi tidak berbanding kurus dengan pendapatan yang didapat investor. Apakah tidak boleh kalau rakyat juga investasi sehingga ketika jalan tol tersebut beroperasi rakyat disitu mendapatkan manfaatnya,” tambahnya

Anies juga memunculkan ide jika pengelolaan rest area di jalan tol nantinya akan diserahkan ke koperasi-koperasi desa. Sehingga keuntungan akan dibagi rata dan desa yang dilewati jalan tol juga ikut sejahtera

“Belum lagi rest area, siapa pemilik lahannya dimana setiap harinya ribuan mobil mampir, pendapatannya luar biasa. Kenapa tidak itu dimiliki koperasi desa yang ditemoati rest area tersebut, rakyat kebanyakan merasakan pembangunan,” terangnya.

Perlu diketahui, Bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bersilaturahmi dengan para kiai, ulama, habaib dan santri se-Malang Raya di Pondok Pesantren (Ponpes) Asy-Syadzili, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Ahad, 8 Oktober 2023.(fhm)