Perhelatan MotoGP Mandalika 2023, ASDP Catat Penumpang Padangbai-Lembar Meningkat 70%

  • Oleh : Naomy

Senin, 16/Okt/2023 19:52 WIB
Suasana di Pelabuhan Lembar Suasana di Pelabuhan Lembar


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) turut menyukseskan perhelatan internasional MotoGP Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Pihaknya mencatat kenaikan hingga 70% jumlah penumpang menyeberang dari Padangbai ke Lembar pada Minggu (15/10) yang mencapai 2.011 orang dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.185 penumpang.

Baca Juga:
ASDP Resmi Menerapkan Reservasi Tiket Online melalui trip.ferizy.com di Lintas Galala-Namlea

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menyampaikan, kendati lokasi sirkuit ajang MotoGP tidak persis berada dekat pelabuhan, namun pihaknya terus mendukung mobilisasi kunjungan menuju event tersebut.

”Mandalika memang bukan persis di pelabuhan ASDP, jaraknya kurang lebih 52 km atau sekitar satu jam menggunakan mobil. Sebagai enabler, ASDP hadir untuk mendukung arus transportasi antarpulau melalui jalur laut,” jelasnya, Senin (16/10/2023). 

Baca Juga:
ASDP Terus Tingkatkan Layanan di Lintasan Ampana-Wakai dan 2 Lainnya di Sulteng

Para penonton yang berasal dari Pulau Jawa menurutnya, menggunakan akses Pelabuhan Ketapang dengan jarak tempuh 125 mil. 

Selama penyelenggaraan juga telah disediakan enam kapal yang beroperasi selama 24 jam dengan perjalanan kapal setiap enam jam. Sedangkan penonton dari Pulau Bali menyeberang melalui Pelabuhan Padangbai. 

Baca Juga:
Sepanjang 2023, ASDP Layani 45,6 Juta Penumpang di 37 Pelabuhan

”ASDP menyediakan 24 kapal dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 01.30–13.30 WITA per 2 jam 30 menit, dan pukul 13.30–01.30 WITA per 1 jam 30 menit. Untuk jadwal keberangkatan kapal silakan dapat diakses melalui instagram @asdp191 atau melalui website Ferizy,” imbuh Shelvy.

Dia mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang telah menyaksikan perhelatan MotoGP Mandalika dan akan kembali pulang dengan menggunakan kapal penyeberangan, agar 
segera melakukan reservasi tiket ferry melalui domain trip.ferizy.com.

Hal itu dalam rangka menghindari kemungkinan tidak tersedianya tiket. 

Calon penumpang sudah bisa melakukan reservasi tiket online sejak 60 hari sebelum keberangkatan.

Shelvy menjelaskan data yang tercatat pada Pelabuhan Padangbai periode 15 Oktober 2023 atau HHH penyelenggaraan event MotoGP, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 23 unit. Adapun realisasi total penumpang mencapai 2.011 orang.

Tercatat realisasi kendaraan roda dua sejumlah 517 unit sedangkan roda empat mencapai 87 unit. Total seluruh kendaraan tercatat 696 unit yang telah menyeberang dari Bali ke Lombok pada periode tersebut.

Sebaliknya, data total penumpang yang menyeberang dari Lombok ke Bali pada periode yang sama tercatat 9.142 orang dengan jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 868 orang. 

Tercatat realisasi kendaraan roda dua sejumlah 1.711 unit sedangkan roda empat mencapai 287 unit. Adapun total seluruh kendaraan tercatat 2.369 unit yang telah menyeberang dari Lombok ke Bali pada periode 15 Oktober 2023.

Shelvy juga menambahkan, peningkatan arus balik para pengunjung masih dalam pantauan mengingat tahun lalu puncak arus justru terjadi pasca kegiatan MotoGP. (omy)