Jalan Tol IKN-Balikpapan Selesai Tahun Depan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 04/Nov/2023 07:00 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan konektivitas ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, salah satunya dengan melakukan percepatan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN. (Dok. Kementerian PUPR) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan konektivitas ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, salah satunya dengan melakukan percepatan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN. (Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pertengahan tahun depan jalan tol Balikpapan - IKN bakal beroperasi. Progres pembangunan saat ini sudah mencapai 55%.

Hal ini diungkapkan Jokowi usai meninjau proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu, (1/11/2023).

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Terapkan Teknologi Pengisian Daya Mobil Listrik

Dalam kunjungan itu Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

"Diharapkan bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai," kata Jokowi.

Baca Juga:
WIKA Kerjakan Proyek Jalan Tol IKN Bernilai Rp1,2 Triliun

Jokowi mengatakan adanya tol ini akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN. Ia mencontohkan biasanya dari Balikpapan menuju IKN memerlukan 2 jam 15 menit, dengan adanya tol itu membuat waktu tempuh menjadi kurang dari 1 jam.

"Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara," ujar Jokowi.

Baca Juga:
Jalan Tol Ruas Bayung-Lencir-Tempino Ditargetkan Rampung 2024, Progresnya Hampir 50 Persen

Selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

"Kanan kirinya ini memang ingin kita buat sehijau mungkin sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan yang kita harapkan nanti kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya, dan kita sudah siapkan 60 ribu pohon untuk jalan tol ini saja," jelasnya.