Penumpang KRL Meningkat Ada Aksi Bela Palestina, KAI Commuter Lakukan Antisipasi Layanan

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 05/Nov/2023 10:27 WIB
Situasi di stasiun KRL  kawasan Gambir pada Ahad (5/11/2023) pagi. Situasi di stasiun KRL kawasan Gambir pada Ahad (5/11/2023) pagi.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Antisipasi Aksi Bela Palestina oleh masyarakat Indonesia di Monumen Nasional DKI Jakarta, Ahad (5/11/2023) ini, KAI Commuter lakukan antisipasi untuk melayani penumpang KRL Commuter Line. Bahkan jika diperlukan KAI Commuter juga akan melakukan pengaturan pola operasi perjalanan KRL mengikuti situasi di lintas. 
 
"KAI Commuter melakukan penambahan personil pengamanan di area stasiun, dan jika diperlukan KAI Commuter juga akan melakukan pengaturan pola operasi perjalanan KRL mengikuti situasi di lintas," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba kepada media, Ahad (5/11/2023) pagi.

KAI Commuter melakukan penambahan personil pengamanan dari internal dan unsur TNI/POLRI di stasiun-stasiun yang dekat dengan kegiatan penyampaian aspirasi tersebut seperti Stasiun Juanda dan Stasiun Gondangdia. 

Baca Juga:
Gangguan KRL Senin Pagi, Sejumlah Perjalanan Terlambat hingga Hampir Satu Jam

Dari pantauan di lapangan, KAI Commuter mencatat peningkatan yang cukup signifikan pada jumlah pengguna yang turun di Stasiun Gondangdia dan Stasiun Juanda pada pagi hari ini. Hingga pukul 09.00 WIB, tercatat sebanyak 21.606 orang yang turun di stasiun tersebut. Sementara itu di Stasiun Juanda tercatat sebanyak 19.215 orang yang turun di stasiun tersebut.  

Dikatakan Anne, KAI Commuter juga menyiagakan 30 personil pengamanan di masing-masing stasiun tersebut dan menyiagakan mobil Rescue dan mobil ambulans serta tenaga medis untuk dukungan layanan.

Baca Juga:
Insiden Eskalator di Stasiun Manggarai, Ini Kata KAI Commuter

Disebutkan Anne, pihaknya juga akan membuka loket portable untuk antisipasi layanan pada pembelian tiket. 

Untuk keamanan dan kenyamanan, KAI Commuter juga akan memberlakukan sistem buka tutup antrean pengguna yang akan masuk ke area peron stasiun jika keadaan sudah ramai. KAI Commuter juga akan menyiagakan petugas-petugas pelayanan untuk membantu pelayanan di stasiun-stasiun tersebut.

Baca Juga:
Penumpang KA Lokal Merak Capai 13.720 Per Hari

Pada pelayanan operasional perjalanan Commuter Line hari ini mengoperasikan sebanyak 1.065 perjalanan, KAI Commuter juga akan melakukan antisipasi dengan melakukan rekayasa pola operasi secara situasional sesuai dengan kondisi di lintas. 

PT KCI menghimbau kepada seluruh pengguna KRL untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan, selalu ikuti arahan dan instruksi dari petugas di stasiun. 

"Bagi pengguna yang membawa anak, pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan selama dalam perjalanan. Bagi pengguna yang menunggu di area peron, selalu dahulukan pengguna yang akan keluar, serta berdiri tidak melewati garis aman dan menghalangi pengguna yang akan keluar dari dalam commuterline," imbau Anne.

KAI Commuter juga menghimbau masyarakat dan para pengguna untuk selalu menjaga ketertiban dan keselamatan bersama.(fhm)