Jelang Nataru, Kemenhub Perkuat Peningkatan dan Pengawasan Kespel di Pelabuhan Sanur

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 10/Nov/2023 18:16 WIB
Direktur KPLP Jon Kenedi membagikan jaket keselamatan kepada nelayan dan operator Direktur KPLP Jon Kenedi membagikan jaket keselamatan kepada nelayan dan operator

 

BALI (BeritaTrans.com) - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) bersama Kantor KSOP Kelas II Benoa kampanye keselamatan pelayaran (kespel) di Pelabuhan Sanur, Bali.

Baca Juga:
KPLP Bekali Keterampilan Menembak Para Awak Kapal Patroli

Kampanye bertujuan mendukung Program Keselamatan Transportasi Laut di Pelabuhan Sanur di mana jumlah wisatawan pengguna angkutan transportasi laut di wilayah tersebut akan mengalami lonjakan di libur Nataru.

"Kami berkomitmen meningkatkan keselamatan transportasi laut dan efektivitas pengawasan pelayaran," ujar Direktur KPLP Jon Kenedi, Jumat (10/11/2023). 

Baca Juga:
Direktur KPLP Tutup Temu Teknis RSO di Batam

Jon menyampaikan, salah satu kegiatan utama kampanye kespel yaitu pembagian jaket keselamatan atau life jacket gratis. 

Kampanye keselamatan ini merupakan salah satu wujud komitmen Direktorat KPLP selaku salah satu regulator keselamatan pelayaran yang memiliki tanggung jawab untuk memenuhi aspek keselamatan dengan tujuan mengurangi kecelakaan kapal yang disebabkan faktor kelalaian.

Baca Juga:
Konsisten Tingkatkan Mutu Penerapan ISPS Code, Kemenhub Gelar Temu Teknis RSO

"Bantuan Life Jacket diberikan kepada asosiasi/pengusaha kecil pelayaran rakyat, untuk menurunkan angka kecelakaan kapal di laut," ungkapnya.

Kegiatan ini juga mencakup pemenuhan Kebutuhan Pengawasan Keselamatan Pelayaran dengan penguatan armada yaitu relokasi RHAB Rubber Boat untuk pengawasan dan tindakan respons cepat di wilayah penyeberangan Sanur, menjelang Angkutan Nataru. 

"Kami selalu berkomitmen berupaya meningkatkan Keselamatan Tranportasi Laut serta meningkatkan efektifitas pengawasan pelayaran di laut, perbantuan pertolongan, dan perlindungan lingkungan maritim," ujarnya.

Dalam upaya peningkatan kapasitas armada dan kapabilitas kapal di wilayah KSOP Benoa, Direktorat KPLP juga melakukan instalasi AIS tipe A untuk Kapal Negara Patroli KSOP Kelas III Benoa KNP. 326. 

Langkah ini diambil untuk memperkuat monitoring kapal di sekitar wilayah pelabuhan Sanur, khususnya saat puncak musim Nataru. 

Semua langkah ini diharapkan dapat memastikan pengawasan keselamatan pelayaran sehingga mobilisasi masyarakat dapat berjalan dengan baik, lancar, aman, dan selamat.

"Semua langkah ini diambil untuk memastikan pengawasan Keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Bali, terutama selama puncak Natal dan Tahun Baru, sehingga mobilisasi masyarakat dapat berjalan lancar, aman, dan selamat," pungkas dia. (omy)