Kurangi Dampak Emisi Karbon, Indonesia-Jerman Kembangkan Transportasi Hijau

  • Oleh : Naomy

Rabu, 15/Nov/2023 10:33 WIB
Menhub dan perwakilan KFW Jerman Menhub dan perwakilan KFW Jerman


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Indonesia dan Jerman terus bekerjasama mengembangkan sistem transportasi hijau, sebagai dukungan terhadap implementasi “The Green Infrastructure Initiative” atau Inisiatif Infrastruktur Hijau.

“Kedua negara telah menjalin hubungan baik selama sekitar 60 tahun dan telah bekerjasama mengurangi emisi karbon untuk memerangi perubahan iklim,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan pada kegiatan “75th Anniversary of KFW” di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga:
Kemenhub Susun Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2025

Sektor transportasi menurutnya merupakan salah satu penyumbang emisi karbon. Untuk itu, Kemenhub terus berupaya menciptakan sistem transportasi yang ramah lingkungan. 

Pemerintah Jerman melalui KFW Development Bank sepakat menerapkan kerja sama pendanaan pembangunan infrastruktur ramah lingkungan (transportasi hijau) di sejumlah kota di Indonesia.

Baca Juga:
Kemenhub Komitmen Hadirkan Layanan Transportasi Publik Terjangkau

Sebagai contoh pembangunan sistem Bus Rapid Transit (BRT) di Semarang dan Surabaya, serta perkeretaapian di Surabaya.

“Harapan kita ke depannya, semoga lebih banyak proyek transportasi hijau yang segera akan dimulai, sejalan dengan rencana jangka menengah (RPJMN) 2025-2029," ungkap Menhub. (omy) 

Baca Juga:
Penutupan Posko Nasional: Ada 126 Juta Pergerakan Masyarakat Selama Libur Nataru