InJourney Sebut Trafik Penerbangan Terus Tumbuh, Tembus 110 Juta Lebih Penumpang

  • Oleh : Naomy

Senin, 20/Nov/2023 08:57 WIB
Gairah penerbangan di bandara Injourney Grup Gairah penerbangan di bandara Injourney Grup


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menyebut, selama periode Januari hingga September 2023, tercatat ada 110,57 juta penumpang yang terbang melalui bandar udara InJourney. 

"Angka itu berarti tumbuh 36,55% year-on-year (y-o-y)," ujar Direktur Utama Injourney Dony Oskaria, Senin (20/11/2023).

Baca Juga:
60 Tahun AP1, Tetap Fokus Terus Tingkatkan Pelayanan

Sejalan dengan peningkatan trafik penumpang, lalu lintas pergerakan pesawat di bandara InJourney juga meningkat hingga 14,78% y- o-y) menjadi 871,21 ribu pergerakan.

Trafik penumpang, pesawat, dan kargo di bandara InJourney hingga akhir tahun 2023 berturut-turut diperkirakan mencapai angka 147,34 juta penumpang atau 85,51% dari level prapandemi, pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 1,19 juta atau 82,34% dari level prapandemi

Baca Juga:
Bandara Kertajati Targetkan Tahun Ini Layani 1,2 Juta Penumpang

Sedangkan kinerja kargo bahkan sudah melebihi level sebelum pandemi yakni mencapai 1,20 juta ton, atau berarti 101,09% dari level 2019.

“Meski trafik penumpang dan pergerakan pesawat belum menyamai level sebelum pandemi di tahun 2019, akan tetapi InJourney tetap optimistis industri pariwisata Indonesia akan terus tumbuh," tuturnya. 

Baca Juga:
Bandara Raja Sisingamangaraja XII Siap Sambut Peserta dan Penonton F1Powerboat

Untuk itu, InJourney berkomitmen mengembangkan destinasi-destinasi pariwisata termasuk dengan menggelar berbagai event yang menarik, sehingga lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi pariwisata di Indonesia. 

Untuk menciptakan trafik wisatawan, InJourney berkolaborasi dengan berbagai pihak menyelenggarakan berbagai event baik berskala nasional dan internasional. 

Hingga triwulan III/2023, berkolaborasi dengan berbagai pihak InJourney telah sukses menyelenggarakan F1Powerboat di Danau Toba, WSBK, Festival Purnama Waisak di Borobudur, Asian Road Racing Championship (ARRC), MotoGP, dan dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan Pesta Rakyat Danau Toba dan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023 mendatang.

“Suksesnya penyelenggaraan berbagai event tersebut merupakan buah dari kolaborasi yang apik dengan para pemangku kepentingan, keterlibatan luar biasa dari masyarakat dan juga dukungan penuh dari Pemerintah Republik Indonesia. InJourney akan terus menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain untuk memajukan pariwisata Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar pada perekonomian Indonesia,” tutup Dony. (omy)