ASDP Dukung Rebranding INFA & PORT, Perkuat Industri Penyeberangan dan Pelabuhan

  • Oleh : Naomy

Rabu, 22/Nov/2023 17:32 WIB
Ketua DPP INFA dan Dirut ASDP Ketua DPP INFA dan Dirut ASDP

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mendukung dan mengapresiasi peluncuran Rebranding INFA & PORT yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (22/11/2023). 

Sekretaris Jenderal Kementeri Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, INFA & PORT harus berperan dan memberikan kontribusi lebih banyak lagi dalam memajukan transportasi angkutan sungai, danau dan penyeberangan di Indonesia. 

Baca Juga:
ASDP Terus Tingkatkan Layanan di Lintasan Ampana-Wakai dan 2 Lainnya di Sulteng

"Kami apresiasi dan berharap peran INFA & PORT terus memberikan kontribusi demi keselamatan dan keamanan transportasi," ujar Novie. 

Ketua Umum INFA & PORT J.A Barata menyampaikan, tujuan INFA melakukan rebranding identitas tersebut. 

Baca Juga:
Sepanjang 2023, ASDP Layani 45,6 Juta Penumpang di 37 Pelabuhan

Indonesian National Ferryowners Assosiation (INFA) menurutnya, terus berupaya untuk memperluas lingkup kegiatan dan anggotanya, dari yang semula kegiatan dan anggotanya hanya merupakan perkumpulan para pemilik kapal ferry nasional Indonesia, kini menjadi perkumpulan para pemilik kapal ferry dan pemilik/badan usaha pelabuhan penyeberangan. 

"Oleh karena itu, identitas asosiasi, berupa nama dan logonya tersebut juga berubah menjadi Indonesian National Ferry & Port Owners Associations atau disingkat INFA & PORT," tuturnya.

Baca Juga:
Tahun ini ASDP Bidik Perluasan Digitalisasi di 10 Pelabuhan

Rebranding INFA & PORT ini bukan hanya tentang perubahan identitas, tetapi juga menciptakan fondasi yang lebih kuat untuk kerja sama yang berkelanjutan antara ASDP dan INFA & PORT. 

Dalam perjalanan mencapai tujuan bersama, ASDP bersama dengan INFA & PORT akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dalam mendorong kemajuan industri transportasi, penyeberangan dan pelabuhan di Indonesia. 

Barata menambahkan, sebagai pelopor dan pendorong utama dalam pendirian Asosiasi INFA yang kini berkembang menjadi INFA & PORT, ASDP memainkan peran sentral dalam pembentukan visi dari INFA. 

"Dalam rebranding ini, kehadiran ASDP berperan penting memperkuat peran pengelolaan pelabuhan, dan akan menjadi spirit baru bagi INFA & PORT. Tentunya dapat membawa aspirasi, melakukan pengawasan untuk bisa meningkatkan keselamatan transportasi dan peningkatan pelayanan jasa transportasi ASDP," papar dia.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyatakan komitmen ASDP dalam mendukung organisasi yang telah melakukan rebranding tersebut.
 
"ASDP memahami pentingnya wadah organisasi untuk pelabuhan-pelabuhan yang kami kelola. Dukungan penuh dari ASDP terhadap perluasan cakupan INFA menjadi INFA & PORT tentunya mencerminkan komitmen nyata untuk memajukan industri transporasi, penyeberangan dan pelabuhan ini," jelasnya.

ASDP berharap, keterlibatan perusahaan dalam INFA & PORT dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap keselamatan transportasi dan peningkatan pelayanan di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola. 

Sebagai bagian dari rebranding ini, ASDP juga berkomitmen untuk mendukung visi Green Port, menjadikan pelabuhan-pelabuhan yang beroperasi ramah lingkungan.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Harry MAC menyatakan bahwa dalam memperkuat visi perusahaan, ASDP terus menjunjung tinggi Standar Lingkungan Berkelanjutan.

"Sebagai upaya untuk menjamin dan memelihara kelestarian lingkungan, ASDP melalui strategi inisiasinya melakukan peningkatan penerapan energi terbarukan serta menerapkan Operational Green Technologies," ucapnya. (omy)