Pameran Dagang B2B China Homelife Indonesia ke-5 Kembali Digelar di Jakarta

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 23/Nov/2023 11:42 WIB
Foto:istimewa/BeritaTrans/ahmad Foto:istimewa/BeritaTrans/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pameran Dagang B2B China Homelife Indonesia ke-5 (selanjutnya disebut sebagai "Pameran") secara resmi dibuka di JIExpo Kemayoran. 

Pameran ini diselenggarakan oleh China Council for the Promotion of International Trade Ningbo (CCPIT Ningbo) dan Ningbo Chamber of International Commerce (NCIC), dengan dukungan dari Departemen Perdagangan Provinsi Guangdong dan Biro Perdagangan Kota Foshan. 

Selain itu, Chengdu Bureau of Commerce dan CCPIT Chengdu bekerja sama dengan Meorient International Exhibition Co. Ltd sebagai penyelenggara. 

Acara ini mendapat dukungan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Kamar Dagang dan Industri Indonesia Komite Tiongkok (KIKT),CEO Business Forum Indonesia, dan Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa (PERPIT).

Pameran ini merupakan pameran B2B yang sangat berpengaruh di Indonesia, menjadi salah satu acara pameran perdagangan yang signifikan dalam kerja sama ekonomi dan perdagangan antara China dan Indonesia. 

Pameran ini juga menjadi langkah penting bagi perusahaanperusahaan China yang ingin mengembangkan bisnis di Asia Tenggara. Untuk memaksimalkan kesuksesan pameran, penyelenggara pameran telah melakukan promosi selama tiga bulan sebelumnya di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara. 

Sebulan sebelum acara, kunjungan langsung kepada big buyers telah dilaksanakan. Sampai saat ini, lebih dari 100.000 buyers dari Indonesia dan negara sekitarnya telah mendaftar untuk mengunjungi pameran, dengan target pendaftaran keseluruhan sebanyak 60.000 pre-registration dengan perkiraan lebih dari 30.000 buyers yang akan hadir dengan perkiraan nilai transaksi keseluruhan mencapai lebih dari US $ 3 miliar.

Pameran ini diikuti lebih dari 1.018 perusahaan dari Zhejiang, Guangdong, Sichuan, Jiangsu, dan daerah lainnya, dengan lebih dari 2.000 booth pameran dan total luas pameran mencapai lebih dari 45.000 meter persegi. Pameran ini menjadi ajang bagi beragam produk manufaktur China untuk menunjukkan keunggulan dan kualitas produk serta teknologi terkini yang dimiliki masing-masing brand.

Melihat trend dan kebutuhan dari buyers dan exhibitors, Pameran ini mencakup 9 (sembilan) sektor industry secara bersamaan, diantaranya : Textile & Garment, Mesin & Peralatan Industri (Printing, Plastic & Packaging, Food Processing Equipment, Fastener, Logistic, Compressor, Power Transmission & Control Technology, Measuring Instruments), Peralatan Rumah Tangga, Consumer Electronics, Home & Giftware, Building & Decoration, Mom & Baby, New Energy & Electricity, Smart Transportation.

Selain itu, Pameran ini mengadopsi inovasi berbasis digital dengan tema “Digital Exhibition” yang memanfaatkan keunggulan dan sumber daya dalam 4 (empat) aspek digital, spesial, platform, dan internasional. 

Hal ini bertujuan untuk membangun berbagai cara dan memberdayakan “Made in China” untuk merambah pasar internasional, menjadikan pameran lebih efisien dan perdagangan menjadi lebih mudah.

Ke depannya, Pameran Dagang B2B China Homelife Indonesia akan terus berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi bisnis berkelanjutan antara perusahaan China dan Indonesia, mendukung perusahaan China dalam mencari peluang bisnis dan kerjasama lebih lanjut di luar negeri, dan memberikan lebih banyak produk dan layanan inovatif dan berkualitas tinggi kepada perusahaan dan konsumen Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka mengembangkan peluang kerjasama antara kedua negara.

Pada saat yang bersamaan, Pameran China (Indonesia) Smart Transportation and Energy Industry Exhibition juga dibuka pada 23 November 2023. Pameran ini diselenggarakan oleh China Council for the Promotion of International Trade (CCPIT) bekerja sama dengan Meorien International Exhibition Co. Ltd. Pameran ini diikuti oleh 38 (tiga puluh delapan) Perusahaan dari China seperti Wuling, Great Wall, Dongfeng, Chery, & Xiaolan Quick Charge dengan fokus pada Electric Vehicle, Intelligent Logistics Warehousing, New Energy Storage Batteries and Equipment, Urban Traffic Management, and Charging Management.

Pameran ini diselenggarakan untuk memperluas pasar Indonesia dan Asia Tenggara, menampilkan teknologi terkini di bidang Smart Transportation & Energy Industry, dan mendorong kerjasama dan pembangunan dalam industri Electric Vehicle dan Smart Transportation di Indonesia. 

Pada saat yang sama, pameran ini juga menyelenggarakan Forum B2B Matchmaking Renewable Energy & Electricity serta China-Indonesia EV Car Corporation Forum untuk mempererat kerjasama di antara sektor industri yang sedang berkembang, serta mendorong pembangunan bersama, dan memberikan kontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial kedua negara.(ahmad)