Pesta Rakyat Danau Toba dan Aquabike Jetski World Championship Sedot Puluhan Ribu Pengunjung

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 25/Nov/2023 17:30 WIB
Pengunjung Pesta Danau Toba Pengunjung Pesta Danau Toba

 

JAKARTA (BeritaTrans.com)  – Pesta Rakyat Danau Toba yang merupakan rangkaian dari agenda Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba hari ketiga, pada Jumat, 24 November 2023 berhasil menarik puluhan ribu pengunjung. 

Baca Juga:
InJourney Gelar Kelana Cerita Tanah Jawa di Candi Prambanan

Warga berduyun-duyun menyaksikan race olahraga air berskala internasional dan juga Pesta Rakyat yang menghadirkan musisi-musisi serta pertunjukan budaya.

Warga yang hadir merasa puas dengan kehadiran event pertandingan Aquabike Jetski World Championship yang menampilkan atlet-atlet dunia dan juga dari Indonesia serta Pesta Rakyat, yang menghadirkan berbagai hiburan dan berbagai UMKM.

Baca Juga:
F1Powerboat 2024 Catat Pengunjung Naik Hingga 40% Dibanding Tahun Lalu

Mereka berharap event serupa bisa kembali diselenggarakan sehingga bisa mengangkat citra Danau Toba sebagai destinasi pariwisata water sport ke mata dunia.

Salah satu pengunjung berasal dari Medan, Widi, terkesan dengan diselenggarakannya event ini. Dia berharap event ini tak hanya diselenggarakan satu kali saja namun juga berkelanjutan.

Baca Juga:
AP II Bersama InJourney Group Kembangkan Pariwisata Banyuwangi

“Kami berharap event ini bisa memberikan hiburan bagi warga sekitar, sekaligus mempromosikan pariwisata Danau Toba ke dunia,” katanya.

Hal senada disampaikan Pebtri Simbolon dan Key yang merupakan warga Samosir. 

Keduanya merasa puas dengan race yang menghadirkan pembalap-pembalap jetski kelas dunia dan juga adanya panggung hiburan Pesta Rakyat.

“Semoga ke depan ada lagi event seperti ini di Samosir, entah Aquabike Jetski atau F1 Powerboat sehingga Danau Toba menjadi lebih meriah apalagi ada pertunjukan musiknya yang membuat suasana jadi semakin seru,” kata Pebtri yang hadir bersama kawan- kawannya. 

“Acaranya sangat menarik, sangat memuaskan. Semoga ke depan ada lagi acara seperti ini,” kata Key

Pesta Rakyat Danau Toba di Kabupaten Samosir ini juga menjadi ajang UMKM di Sumatera Utara untuk menunjukkan berbagai produknya.

InJourney bekerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat menyediakan tenda-tenda untuk para UMKM menggelar berbagai produknya.

Rentina Sihaloho, salah satu pemilik UMKM mengaku sangat senang ada event berskala internasional di Danau Toba. 

Rentina yang merupakan penenun ulos dari Kampung Ulos Huta Raja, mengaku banyak pembeli yang berminat pada kain-kain ulos dagangannya.

“Adanya event ini tidak hanya jadi sarana untuk jualan, tetapi juga mengangkat citra kain tradisional yang merupakan kebudayaan masyarakat Sumatera Utara. Mudah-mudahan tenunan kami bisa lebih terkenal lagi dengan adanya acara seperti ini,” ungkap Rentina.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono berharap, kehadiran booth UMKM pada Pesta Rakyat ini bisa mendorong UMKM daerah naik kelas. 

"Produk-produknya semakin dikenal dunia, dan pada akhirnya bisa memberikan dampak ekonomi yang luas pada UMKM di daerah. Ini merupakan bagian dari komitmen InJourney untuk memajukan pariwisata di daerah sehingga bisa memberikan multiplier effect yang luas pada masyarakat sekitar,” tutur Maya.

Race dan Pesta Rakyat hari ketiga berlangsung di Kabupaten Samosir diramaikan juga dengan penampilan band papan atas, Armada. 

Dengan hits andalannya, Armada menghibur masyarakat yang hadir di Samosir. Penyanyi jebolan Indonesia Mencari Bakat (IMB), Putri Ayu berhasil membius warga yang menonton dengan penampilannya yang merdu saat menyanyikan lagu daerah Batak.

Pada race hari ketiga Samosir Cup, pembalap Gyorgy Kasza dari Hungaria berhasil menjadi juara dengan poin 50 Posisi kedua ditempati Anthony Radetic dari Amerika Serikat dengan poin 38, disusul Rashed Al Tayer dari Uni Emirat Arab dengan poin 38.

Pada hari pertama kejuaraan yang berlangsung di Kabupaten Karo, pembalap asal Prancis Jean Bruno Pastorello berhasil menjadi juara dengan total raihan 47 poin.

Jean Bruno Pastorello kembali menjadi juara pada race hari kedua yang diselenggarakan di Dairi. Dengan total poin 45, Pastorello berhasil naik podium di posisi pertama untuk Dairi Cup. Ia mengalahkan Rashed Aldawas dari Kuwait yang mengantongi poin 44, dan Alejandro Molina Miranda dari Spanyol yang meraih poin 38. Secara akumulasi dari pertandingan hari pertama hingga ketiga, Jean Bruno Pastorello menempati posisi pertama dengan total poin 154. 

Disusul Anthony Radetic dengan poin 149, dan Rashed Aldawas dengan 147 poin. (omy)