Jalin Kerja Sama, Pelindo Marines Operasikan Kapal Tunda BUMD Dumai

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 01/Des/2023 12:12 WIB
Kapal tunda BUMD Dumai Kapal tunda BUMD Dumai

 

SURABAYA (BeritaTrans.com) – PT Pelindo Marine Service atau Pelindo Marines menjalin kerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Pelabuhan Dumai Berseri (Perseroda), terkait utilisasi kapal tunda untuk layanan penundaan di Perairan Wajib Pandu Kelas 1 Dumai, Kota Dumai, Provinsi Riau. 

Baca Juga:
Bulan K3, Pelindo Marine Ajak Warga Kampung Seng Berlatih Hadapi Bahaya Kebakaran

Kapal Tunda (tugboat/TB) Speed Turbo yang merupakan aset dari Pelabuhan Dumai Berseri akan dioperasikan untuk memperkuat armada Pelindo Marines dalam melayani jasa penundaan kapal di perairan Dumai.

Direktur Utama Pelindo Marines Warsilan mengungkapkan, Pelindo Marines terus memperluas wilayah pelabuhan yang dilayani, termasuk dengan bersinergi bersama pelaku bisnis di daerah. 

Baca Juga:
Kekeringan, Pelindo Marine Bantu Petani Pulau Madura Temukan Harta Karun Air Bersih

“Sinergi antara anak perusahaan BUMN dengan BUMD ini merupakan inovasi model bisnis yang meningkatkan dampak ekonomi dan sosial, tak hanya untuk pelaku bisnis maritim di tataran nasional, tetapi untuk yang di daerah juga,” ujar Warsilan di Surabaya, Jumat (1/12/2023).

Kolaborasi Pelindo Marines dengan BUMD Pelabuhan Dumai Berseri menurutnya, akan tercipta kondisi yang saling menguntungkan dari sisi ekonomi dan sosial. 

Baca Juga:
Standarisasi Layanan Pelindo Marines pada 46 Pelabuhan Catat Kinerja Positif

Bagi Pelindo Marines, secara ekonomi akan semakin memahami potensi pasar dalam cakupan lokal di perairan Dumai.

Selain itu juga kebutuhan armada dipenuhi dengan aset kapal yang berbasis di lokasi. Dengan demikian lebih efisien, karena tidak perlu merelokasi kapal dari pelabuhan lain.

Dari sisi lain, Direktur Utama PT Pelabuhan Dumai Berseri (Perseroda), Lukman, pada kesempatan terpisah dari Dumai, membenarkan bahwa dari kerja sama tersebut akan ada banyak potensi transfer knowledge sebagai manfaat sosial terkait pengembangan kapabilitas sumber daya manusia (SDM). 

“Kru kapal TB. Speed Turbo dan pegawai Pelabuhan Dumai Berseri dapat mempelajari sistem operasional kapal yang lebih modern dan luas cakupannya dari Pelindo Marines. Terpenting, bagaimana memasarkan kapal agar utilisasi TB. Speed Turbo lebih tinggi, sehingga lebih menguntungkan,” ungkap Lukman. (omy)