Berlanjut, Pinjaman Tanpa Bunga FIFGROUP bagi Ratusan Pelaku UMKM

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 30/Nov/2023 14:15 WIB
foto:istimewa/FIFGROUP foto:istimewa/FIFGROUP

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Di tengah dinamika ekonomi global, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia terus menunjukkan perkembangan pesat. Kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi negara terus digenjot dengan berbagai upaya dan dukungan dari para pemangku kepentingan.

Baca Juga:
PT Federal International Finance Bukukan Peningkatan Laba Bersih Sebesar 30,9% di Kuartal III 2023

Berbagai langkah dan inisiatif telah diambil oleh pemerintah, lembaga-lembaga, dan komunitas bisnis untuk mendukung perkembangan UMKM. Langkah-langkah ini terbukti berhasil dalam mengatasi tantangan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi global dan memberikan dorongan positif bagi para pelaku UMKM di tanah air.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, pada tahun 2022 terdapat 65,4 juta UMKM di Indonesia yang mana telah mempekerjakan 114,7 juta orang atau sekitar 56% dari tenaga kerja di Indonesia. Selain itu, UMKM juga memberikan kontribusi lebih dari 60% terhadap PDB negara, dan juga menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 95% dari total angkatan kerja di Indonesia.

Baca Juga:
FIFGROUP Solusi Tepat dan Cerdas untuk Pengajuan Kredit

Salah satu faktor kunci dalam menggerakkan pertumbuhan UMKM adalah peningkatan akses keuangan. Langkah-langkah inklusif, seperti program pinjaman dengan suku bunga terjangkau dan bantuan modal, telah memungkinkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka.

Hal ini menjadi dasar pemikiran PT Federal International Finance (FIFGROUP), sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk (Astra) dan juga bagian dari Astra Financial, untuk terus berkomitmen dalam hal pengembangan UMKM. Ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Aspirasi Sustainability Astra melalui strategi keberlanjutan Triple-P Roadmap Astra yang terdiri atas pilar Portfolio, People, dan Public Contribution.

Baca Juga:
FIFGROUP Kembali Jadi Sponsor Platinum di Ajang Pameran Sepeda Motor IMOS+ 2023

Bentuk dukungan tersebut khususnya terhadap pilar Public Contribution, dilakukan melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR), yaitu dalam FIFGROUP Sejahtera dengan Penyaluran Dana Bergulir yang ditujukan bagi 734 UMKM di tahun 2023. Penyaluran ini dibagi dalam 3 tahap, meliputi tahap 1 di bulan Mei 2023 sebanyak 340 UMKM, tahap 2 di bulan Agustus 2023 sebanyak 260 UMKM, dan tahap 3 di bulan November 2023 sebanyak 134 UMKM.

Penyaluran tahap ketiga itu digelar Rabu, 29 November 2023 di Jakarta.  Dana Bergulir Tahap 3 bagi 134 UMKM Repeat Order (RO) dan New itu dilakukan proses pendataannya sejak bulan Oktober 2023. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari perayaan hari ulang tahun FIFGROUP yang ke-34 tahun.

Selain penyaluran bantuan dana tanpa bunga, terdapat juga pembinaan serta pengembangan UMKM lewat kolaborasi bersama Astra, Yayasan Grup Astra, Yayasan Non Astra, serta pemerintah. Penyaluran Dana Bergulir tahap 3 yang diselenggarakan melalui zoom meeting ini dihadiri oleh Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head, Charles DW Simaremare, seluruh pimpinan cabang FIFGROUP dan semua UMKM yang mendapatkan penyaluran Dana Bergulir Tahap 3 sebagai pelaku UMKM binaan di seluruh Indonesia. 

Seremoni penyaluran program FIFGROUP Dana Bergulir UMKM Tahap 3 yang mengambil tema “UMKM Tangguh, Ekonomi Tumbuh” dirangkai dengan bincang-bincang bersama dengan Ketua Tim Adopsi Teknologi Digital UMKM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ade Frihadi, serta Microfinancing Partnership and Marketing Development Senior Analyst FINATRA,  Riezky Chandra Novariz.

Dalam kata sambutannya, Charles menyampaikan : “Kegiatan ini untuk mendukung Environment, Social, and Governance (ESG) dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Dan salah satu inisiatif yang FIFGROUP lakukan adalah melalui program Dana Bergulir, yaitu pengembangan UMKM. Semoga pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan hari ini dapat mengambil nilai-nilai positif dan mengimplementasikannya di bisnis masing-masing.”

Rizky pun turut menyampaikan : “Saya mengapresiasi inisiatif CSR FIFGROUP dengan mengajak UMKM yang berada di sekitar networking cabang dan berkolaborasi dengan Yayasan Grup Astra dan Non Astra. Semoga kegiatan yang bertujuan memajukan dan mengembangkan UMKM binaan seperti ini terus dapat dilaksanakan, demi memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

 

Pinjaman Bantuan Tanpa Bunga

Bantuan modal pada program dana bergulir tahap 3 ini berasal dari Dana Sosial Syariah FIFGROUP, yang berfokus pada pengembangan UMKM, yaitu pemanfaatan dan penyaluran dana sosial syariah yang tepat serta efektif kepada masyarakat dengan mengedepankan transparansi.

Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM untuk naik kelas. Pada tahun 2023 ini, sekitar Rp3 miliar disalurkan kepada 734 UMKM di 243 cabang FIFGROUP se-Indonesia.

Perjalanan UMKM binaan FIFGROUP bermula sejak 2016 dengan 26 UMKM dengan nominal bantuan Rp65 juta, kemudian dilanjutkan berurutan di 2017 terdapat 35 UMKM dengan nominal bantuan Rp124,5 juta, 2018 terdapat 67 UMKM dengan nominal bantuan Rp152,5 juta, 2019 terdapat 97 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp298 juta, 2020 terdapat 54 UMKM dengan nominal bantuan Rp206,5 juta, 2021 terdapat 524 UMKM dengan nominal Rp1,4 miliar, dan di tahun 2022, sebanyak 600 pelaku UMKM yang terdampak dengan total nominal dana yang digulirkan sebesar Rp2 miliar. Sehingga total dana yang digulirkan sejak 2016-2022, lebih dari Rp4,3 miliar kepada 1.403 pelaku UMKM.

Dan tidak hanya bantuan dana tanpa bunga yang akan diterima oleh pelaku UMKM, melainkan terdapat juga pelatihan serta pendampingan dalam rangka meningkatkan pengetahuan terkait usaha yang dijalankan, dalam setahun ke depan.

 

Tingkat pengembalian pinjaman yang tinggi

Dalam rangka menjaga keberlangsungan program ini, FIFGROUP terus memantau tingkat kesehatan UMKM dengan index current rate (indeks lancar bayar), yaitu persentase kelancaran pengembalian dana yang dibayarkan tidak melebihi tanggal jatuh tempo pada bulan berjalan.

Target current rate adalah sebesar 93,5%, dan pencapaian UMKM FIFGROUP sejak awal 2023, berada di angka 98,91%, artinya hampir seluruh UMKM ini sehat dan berkomitmen untuk mengembalikan dana bergulir dengan tingkat pengembalian yang tinggi, sehingga program Dana Bergulir ini bisa terus dilanjutkan ke tahun berikutnya.

Selain itu, FIFGROUP juga mengadakan program Repeat Order (RO) bagi setiap UMKM yang sehat, dengan diberikan kesempatan untuk mendapat dana pinjaman yang sama atau penambahan yang lebih besar dari sebelumnya.

UMKM yang diberikan Dana Bergulir dibagi menjadi beberapa bagian dengan jangka waktu cicilan minimal 10 bulan, 12 bulan, dan sampai maksimal 36 bulan. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

- UMKM New Customer (Rp 2.000.000)

- UMKM Repeat Order pertama (RO) (Rp 3.000.000)

- UMKM Repeat Order kedua (RO) (Rp 4.000.000)

- UMKM Yayasan (Rp 5.000.000 – Rp 25.000.000).(ahmad)

Tags :