Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Jakarta, Sabet Juara Pertama "The Most Communicative Person"

  • Oleh : Ahmad

Minggu, 03/Des/2023 07:35 WIB
Foto:istimewa/Pangkalan PLP Tanjung Priok, DJPL Foto:istimewa/Pangkalan PLP Tanjung Priok, DJPL

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Duta Pelayanan Publik di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahap II yang di selenggarakan oleh Direktorat Jederal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:
JPPI Catat Kinerja Positif Sepanjang Tahun 2023

Acara berlangsung dengan sukses mulai tanggal 20 hingga 25 November 2023 di Citra Cikopo Hotel & Family, Cisarua, Bogor.

Sebagai Duta Pelayanan Publik Peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan mendalam melalui serangkaian materi berkualitas tinggi, tetapi juga secara aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat dalam aspek transportasi laut.

Baca Juga:
Regional 2 Teluk Bayur Sambut Bulan K3 Nasional

Beberapa materi yang diberikan kepada peserta mencakup aspek krusial seperti Service Value Internalization, Professional Effectiveness Skill, Service Mindset and Service Value, Service Value Implementation, Grooming & Etiquette, Service Communication in Practice, serta Giving Feedback. Para pemateri ternama, yaitu Afridaningsih, Setyasnomo dan Harry Herlambang, memberikan wawasan yang berharga dan membuka cakrawala baru dalam pengembangan kompetensi pelayanan publik.

Baca Juga:
Rangkaian HUT Ke-51 KPLP dan HUT Ke-36 Pangkalan PLP Tanjung Priok, Gelar Aksi Baksos ke Panti Asuhan

Salah satu highlight dari kegiatan ini adalah penyusunan Standar Baku Penanganan Keluhan Pengguna Jasa (Action Plan 2024 Welcome Complaints) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Dokumen ini ditandatangani secara langsung oleh Hary Bowo Seno Putro, selaku Kabag Humas & Organisasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Hal ini mencerminkan komitmen penuh dalam menjaga standar pelayanan dan menanggapi keluhan pengguna jasa.

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok meraih penghargaan dalam bimbingan teknis peningkatan kompetensi duta pelayanan publik Ditjen Perhubungan Laut oleh perwakilannya yaitu Annida Nurul Evriza, sebagai staff penyusun dan pelaksana kegiatan Humas. Annida tidak hanya berpartisipasi dengan antusias, tetapi juga meraih penghargaan sebagai terbaik I (juara satu) "The Most Communicative Person," menunjukkan dedikasi dalam membangun komunikasi dan penerapan Hospitable Spirit. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 pesertal lainnya di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, yang semuanya turut berkontribusi dalam memperkuat kompetensi pelayanan publik di sektor perhubungan laut.

Di bawah pimpinan Triono, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik demi mewujudkan pelayanan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan Triono menyampaikan sangat mengapresiasi atas keberhasilan pegawainya dalam prestasi tersebut.(ahmad)