Antisipasi Lonjakan Wisatawan di Hari Nusantara, Pelni Sediakan Akomodasi Terapung Gratis di Tidore

  • Oleh : Naomy

Rabu, 06/Des/2023 05:11 WIB
Kapal KM Tatamailau Kapal KM Tatamailau

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Antisipasi lonjakan wisatawan di perayaaan Hari Nusantara 2023, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) beri dukungan penuh dengan menyediakan satu kapal penumpangnya sebagai akomodasi terapung gratis di Tidore Kepulauan pada 11 hingga 14 Desember 2023. 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto mengatakan, satu unit kapal yang akan dijadikan akomodasi terapung di acara tersebut yakni KM Tatamailau. 

Baca Juga:
Penumpang KM Bukit Raya Asal Pontianak Tujuan Surabaya Dialihkan Naik KM Lawit

Kapal dengan kapasitas 1.000 orang ini sedianya melayari trayek Bitung - Tidore - Sorong - Fak Fak - Kaimana - Tual. 

"Kehadiran KM Tatamailau sebagai Akomodasi Terapung di Hari Nusantara 2023 merupakan penugasan dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk menyukseskan gelaran nasional tersebut. Karena penugasan ini, jadwal kapal akan mengalami penyesuaian, sehingga kami mohon kepada pelanggan kami untuk dapat menyesuaikan perjalanannya," ujar Evan, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

KM Tatamailau sudah ditarik dari pelayaran regularnya per 7 Desember besok saat berada di Timika untuk disiapkan sandar dan menjadi Akomodasi Terapung per 11 Desember. 

Kapal buatan Jerman tahun 1990 ini akan kembali beroperasi regular per 15 Desember melalui Pelabuhan Bitung. 

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

"Untuk mengecek jadwal maupun pembelian tiket sudah bisa dilakukan melalui Pelni Mobile Apps. Kami mohon maaf atas perubahan jadwal ini dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelanggan kami," tuturnya. 

Kementerian Perhubungan ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023. 

Acara yang berlangsung selama empat hari ini mengangkat tema  “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”.

Pelni memastikan tidak ada biaya sepeser pun untuk menginap di KM Tatamailau selama Hari Nusantara 2023 berlangsung.

Evan mengungkapkan, Pelni akan mempersiapkan kapal sebaik mungkin untuk menerima tamu domestik maupun mancanegara yang akan datang menginap.

KM Tatamailau disiapkan untuk menampung 961 pengunjung yang akan menginap di atas kapal. 

"Untuk reservasi, wisatawan domestik maupun asing dapat menghubungi nomor kontak 0822-1121-9105 atau reservasi melalui tautan https://bit.ly/HotelterapungHarinusantara2023," pungkas Evan. (omy)