Kapal Patroli KPLP Berhasil Evakuasi Jenazah ABK Meninggal di Perairan Laut Maluku

  • Oleh : Naomy

Kamis, 07/Des/2023 06:39 WIB
Tim Pangkalan PLP Bitung saat evakuasi ABK wafat Tim Pangkalan PLP Bitung saat evakuasi ABK wafat


BITUNG (BeritaTrans.com) - Kapal Patroli KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai) KN - P.331 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Bitung, yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, melakukan evakuasi jenazah seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM. Atlantic Sentosa 05 di Perairan Laut Maluku, sekitar 10 mil laut dari Pulau Lembeh ke arah timur pada Rabu (6/12/2023). 

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung, Capt. Barnabas Fendy Tallu menyampaikan, evakuasi dilakukan berdasarkan laporan pemilik KM. Atlantic Sentosa 05 terkait seorang ABK yang sakit dan membutuhkan pertolongan.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Diseminasi Pendokumentasian Pelayanan Publik

"KN - P.331 yang tengah melaksanakan patroli keselamatan pelayaran di sekitaran buoy hijau pintu selatan Kota Bitung, segera merespons dan bergerak ke titik koordinat yang diterima melalui komunikasi radio antara KN - P.331 dan KM. Atlantic Sentosa 05," jelasnya.

Dalam waktu singkat, KM. Atlantic Sentosa 05 melaporkan bahwa ABK yang sakit telah meninggal dunia. KN - P.331 tiba di lokasi, melakukan olah gerak sandar dan langsung mengevakuasi jenazah. 

Baca Juga:
Kemenhub Hadiri Sidang IMO HTW ke-10 di London

"Selanjutnya, kapal berangkat menuju dermaga Perusahaan Singa Raja, di mana korban diserahkan kepada tim medis dari Puskesmas Kecamatan Madidir. Proses pemindahan menggunakan mobil ambulance, dengan pengawalan dari pihak kepolisian," urai dia.

KM. Atlantic Sentosa 05, dengan GT 198, membawa muatan sekitar 60 ton ikan, berlayar dari Laut Aru menuju Pelabuhan Bitung.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Optimalkan Pelayanan Publik Melalui Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151

Capt. Barnabas beri apresiasi tinggi terhadap profesionalitas anggotanya dan menegaskan bahwa tindakan tersebut merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Saya memberikan apresiasi setinggi tingginya atas profesionalitas yang ditampilkan oleh anggota Saya, meskipun pada dasarnya hal itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Kami sebagai seorang KPLP yang bertanggung jawab atas Keselamatan dan Keamanan Pelayaran," pungkasnya. (omy)