Presiden Jokowi Tinjau Proyek MRT Jakarta Fase 2A

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 15/Des/2023 17:24 WIB
Presiden di proyek MRT fase 2 Presiden di proyek MRT fase 2


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan proyek pembangunan MRT fase 2 Hi-Kota yang ada di area Monas.

Jokowi mengatakan, progres pembangunan MRT Jakarta ke Kota sudah mencapai 28,4%. Sejauh ini terowongan dari Bundaran HI hingga Monas sudah tersambung.

Baca Juga:
Alat Berat di Proyek Gedung Kejaksaan Agung Jatuh Berdampak Akses MRT, Hutama Karya Minta Maaf

"Fase 2A dari Bundaran HI menuju ke Kota dari target perencanaan 27% sekarang sudah mencapai 28,4% lebih dari target, saya kira bagus. Tadi melihat terowongannya dari sini sama HI juga sudah selesai," ujar Jokowi di Monas, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Dia memaparkan, nantinya MRT Jakarta Fase 2A akan mulai dioperasikan secara bertahap pada tahun 2027. 

Baca Juga:
Penandatanganan Paket Kontrak 205 MRT Jakarta Disaksikan Menhub

"Beroperasi kita harapkan nanti di 2027," sebutnya.

Jokowi mengungkapkan, pekerjaan proyek MRT tidak mudah. Pasalnya proyek harus dikerjakan di tengah keramaian yang ada di Jakarta. Dikutip detik.com

Baca Juga:
Kartu Multi Trip Ticket MRT Bakal Dihapus, Penumpang Harus Pakai Apa?

"Ini pekerjaan yang tidak mudah karena harus bekerja di dalam keramaian Jakarta juga yang di bawah waktu membuat tunnel, terowongannya juga bukan sesuatu yang gampang," papar Jokowi.

Dia berharap proyek Fase 2B MRT Jakarta yang akan menghubungkan Kota ke Ancol juga segera digarap konstruksinya. "Tinggal nanti teruskan ke yang fase 2B dari kota ke Ancol," katanya.

Proyek MRT Jakarta Fase 2A ini terbagi menjadi sejumlah paket pekerjaan, yaitu CP201 Bundaran HI-Harmoni, CP202 Harmoni-Mangga Besar, dan CP203 Mangga Besar-Kota.

Targetnya segmen satu atau proyek CP201 dari Bundaran HI-Harmoni sudah selesai dan bisa beroperasinya pada 2027. 

Sementara itu, segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. (soleh)