Resmikan Comand Center, KAI Commuter Siap Layani Pengguna di Masa Angkutan Nataru

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 20/Des/2023 18:58 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menyambut masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 mulai 21 Desember 2023 – 7 Januari 2024, KAI Commuter melakukan persiapan diberbagai aspek demi kelancaran dan kesuksesan masa angkutan Nataru tahun ini, kami siap melayani masyarakat dengan fokus terhadap keselamatan, keamanan dan pelayanan untuk menjadi solusi ekosistem transportasi urban bagi masyarakat yang akan merayakan natal dan tahun baru ataupun berlibur. 

Selama masa Nataru ini KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.100 perjalanan Commuter Line Jabodetabek setiap harinya dengan jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB. Dengan frekuensi perjalanan tersebut, kapasitas angkut pengguna Commuter Line Jabodetabek sebesar 2.141.340 orang per harinya. Khusus di malam pergantian tahun, KAI Commuter juga merencanakan mengoperasikan perjalanan Commuter Line tambahan sebanyak 24 perjalanan di seluruh lintas.

Baca Juga:
Penumpang KRL Jabodetabek Capai 2,5 Juta Lebih pada Masa Libur Idul Adha 2024

Dipredikasi semala masa Nataru tahun ini volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 14,4 juta orang atau meningkat sebesar 8% jika dibanding tahun lalu yaitu sebanyak 13,3 juta orang.

Sementara itu untuk pelayanan Commuter Line Basoetta, pada masa Nataru KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan dengan total kapasitas angkut sebanyak 1.008 orang setiap harinya. Diprediksi total angka pengguna yang akan berpergian menuju bandara sepanjang angkutan Nataru adalah 90 ribu orang atau naik sebesar 26% dari tahun sebelumnya atau sejumlah 70 ribu orang.

Baca Juga:
Penumpang KRL Capai 324 Ribu Lebih pada Libur Raya Idul Adha, Stasiun Bogor Paling Ramai

Untuk Commuter Line Merak juga diprediksi akan naik 16% dari total volume pengguna sepanjang masa Nataru tahun lalu yaitu sebanyak 177 ribu orang. Tahun ini dipredikasi total volume penggunanya sebanyak sekitar 202 ribu orang, dengan jumlah perjalanan sebanyak 14 perjalanan tiap harinya yang mana waktu operasionalnya dari pukul 05.05 WIB sampai 23.00 WIB.

Pelayanan Masa Angkutan Nataru KAI Commuter

Baca Juga:
Sambut Libur Panjang Anak Sekolah, Operasional Kereta Commuter Line Basoetta Ditambah

Dalam menghadapi masa Angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter juga meresmikan Command Center Room (CCR) yang baru. Dengan bertambah luasnya daerah operasional KAI Commuter hingga keluar Jabodetabek yaitu meliputi Wilayah 1 Merak, Wilayah 2 Bandung, Wilayah 6 Yogyakarta dan Wilayah 8 Surabaya layanan pemantauan dan pengendalian secara terpusat sangat dibutuhkan.

CCR merupakan fasilitas layanan yang dimiliki KAI Commuter untuk memantau situasi dan kondisi stasiun dengan perangkat System Video Wall. Dengan jam operasional non-stop selama 24 jam, diharapkan manajemen KAI Commuter dapat mengambil keputusan dan koordinasi secara cepat dengan ketersediaan data dan informasi yang lengkap dari seluruh lintas.

Selain itu, pada fasilitas ini dilengkapi juga dengan teknologi artificial intelligence (AI) pada CCTV, yaitu CCTV Analytic di seluruh stasiun wilayah Jabodetabek. Dengan sistem ini dimungkinkan dapat merekam wajah pengguna yang masuk ke area Stasiun. Dengan sistem ini juga bisa menganalisa hal lain seperti pakaian yang dikenakan atau barang bawaan pengguna yang bisa dijadikan sebagai database pada proses pencarian. 

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menyampaikan  bahwa KAI Commuter senantiasa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama menjelang masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini.

“Dengan wilayah operasi yang semakin luas, KAI Commuter siap melayani masyarakat dengan fokus terhadap keselamatan, keamanan, pelayanan, serta menjadi solusi ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia,” tegas Asdo.

Dari segi pelayanan dan pengamanan di area stasiun maupun di dalam perjalanan kereta, KAI Commuter akan menugaskan sebanyak 5.886 orang petugas front liner yang terdiri dari petugas Masinis, Kondektur, Petugas Stasiun, Passenger Service, dan petugas informasi, serta gabungan petugas pengamanan dari internal dan TNI/Polri yang siap memberikan pelayanan pengamanan kepada pengguna selama masa Nataru ini. 

Untuk antisipasi lonjakan pengguna, KAI Commuter juga menambahkan fasilitas layanan pengguna di area stasiun antara lain penambahan tenda untuk ruang tunggu pengguna, toilet portable, penambahan kursi tunggu, dan penambahan kipas angin untuk kenyamanan pengguna saat menunggu di area tunggu keberangkatan.   

“Dalam masa Angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter siap dan akan memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal kepada pelanggan kami,” tambah Asdo. 

Selain menggunakan KMT, saat ini KAI Commuter juga telah menyediakan aplikasi C-Access sebagai aplikasi pembayaran tiket commuter line dengan menggunakan QR Tiket.   

KAI Commuter juga akan besiaga untuk antisipasi dalam kondisi darurat. Untuk antisipasi-antisipasi tersebut KAI Commuter menyiagakan Sarana cadangan kereta, sarana kereta penolong, dan mobil rescue. Selain itu KAI Commuter juga akan melakukan rekayasa pola perjalanan secara dinamis sesuai dengan situasi di lintas.  

“Kami imbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line saat musim libur Nataru ini untuk selalu utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas.” Tutup Asdo. 

Pengguna yang membawa anak pastikan anak-anaknya selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama menggunakan Commuter Line.

Selalu rencanakan perjalanan dengan cermat dan gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun, posisi kereta secara real time dan jadwal perjalanan Commuter Line. (fhm)