Covid-19 Meningkat di Akhir Tahun, KAI Commuter Imbau Penumpang KRL Pakai Masker dan Mencuci Tangan

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 20/Des/2023 19:52 WIB
Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba. Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter masih menunggu kebijakan arahan dari Pemerintah mengenai aturan penumpang KRL Commuterline seiring meningkatkan kasus Covid-19 di Indonesia. 

Seiring dengan naiknya kasus Covid-19 di Indonesia, KAI Commuter mengimbau penumpang untuk memakai masker bila dalam keadaan kurang sehat dan mangaktifkan kembali wastafel tempat pencuci tangan sebagai bentuk kebersihan diri penumpang.

Baca Juga:
KAI Commuter Layani Lebih 303 Ribu Lebih Penumpang KRL saat Akhir Pekan

"Memang sampai saat ini belum ada kebijakan khusus, tapi kami sudah memudahkan baik di anauncent dan di sosial media kami. Kepada pengguna, kita imbau untuk menggunakan masker ketika sedang flu, batuk, dan yang lainnya, itu kita giatkan lagi. Dan dalam Posko Nataru ini wastafel-wastafer kita aktifkan lagi supaya bisa mengedukasi untuk cuci tangan juga kebersihan," ujar ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Pihaknya saat ini masih mengimbau aturan penggunaan masker bagi penumpang KRL Commuter line, sampai ada pemberitahuan atau kebijakan selanjutnya dari Pemerintah. "Penggunaan masker akan terus kami imbau sampai nanti ada pemberitaan selanjutnya," tambah Anne.

Baca Juga:
Penumpang KRL Jabodetabek Capai 2,5 Juta Lebih pada Masa Libur Idul Adha 2024

Angkutan KRL saat Nataru

Selama masa Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.100 perjalanan Commuter Line Jabodetabek setiap harinya dengan jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB. 

Baca Juga:
Penumpang KRL Capai 324 Ribu Lebih pada Libur Raya Idul Adha, Stasiun Bogor Paling Ramai

Dengan frekuensi perjalanan tersebut, kapasitas angkut pengguna Commuter Line Jabodetabek sebesar 2.141.340 orang per harinya. Khusus di malam pergantian tahun, KAI Commuter juga merencanakan mengoperasikan perjalanan Commuter Line tambahan sebanyak 24 perjalanan di seluruh lintas.

Dipredikasi selama masa Nataru tahun ini volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 14,4 juta orang atau meningkat sebesar 8% jika dibanding tahun lalu yaitu sebanyak 13,3 juta orang.

Sementara itu untuk pelayanan Commuter Line Basoetta, pada masa Nataru KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan dengan total kapasitas angkut sebanyak 1.008 orang setiap harinya. Diprediksi total angka pengguna yang akan berpergian menuju bandara sepanjang angkutan Nataru adalah 90 ribu orang atau naik sebesar 26% dari tahun sebelumnya atau sejumlah 70 ribu orang.

Untuk Commuter Line Merak juga diprediksi akan naik 16% dari total volume pengguna sepanjang masa Nataru tahun lalu yaitu sebanyak 177 ribu orang. Tahun ini dipredikasi total volume penggunanya sebanyak sekitar 202 ribu orang, dengan jumlah perjalanan sebanyak 14 perjalanan tiap harinya yang mana waktu operasionalnya dari pukul 05.05 WIB sampai 23.00 WIB.(fhm)