Super Air Jet Maskapai Pertama Terbang dari Bandara Dhoho Kediri

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 21/Des/2023 05:39 WIB
Pesawat Super Air Jet Pesawat Super Air Jet

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut maskapai Super Air Jet akan menjadi yang pertama terbang di Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur. 

Baca Juga:
Super Air Jet Layani Penerbangan Jakarta-Ambon

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenhub di Ruang Mataram, Kemenhub, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

"Data yang masuk terakhir adalah Super Air Jet yang akan mengawali operasi di sana dan ditargetkan tidak terlalu lama," ujarnya. 

Baca Juga:
Kemenhub Sambut Baik Penerbangan Baru Super Air Jet Rute Surabaya - Berau PP

Pengoperasian maskapai di Bandara Dhoho ini didasarkan pada kalibrasi yang sudah selesai dilakukan. Adapun, kini tinggal menunggu koordinasi pihak operator, yakni Angkasa Pura I dan pihak maskapai. 

"Kalibrasi sudah dilakukan, tinggal menunggu koordinasi antara pihak operator, dalam hal ini Angkasa Pura I nanti bersama-sama dengan Airline," ungkapnya.

Baca Juga:
Super Air Jet Mulai Terbangi Rute Kediri-Balikpapan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan bahwa Bandara Dhojuga potensial untuk melayani penerbangan umroh dan haji. 

"Kami sudah akan memberikan izin penerbangan umroh haji di bandara ini, Di sekitar bandara ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang seperti, hotel dan fasilitas lainnya," kata Menhub dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu. 
 
Menhub memberikan apresiasi PT Surya Dhoho Investama (SDHI), anak usaha dari PT Gudang Garam, yang telah berinvestasi untuk membangun Bandara Dhoho Kediri, dengan total investasi mencapai Rp13 Triliun.
 
"Ini adalah proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) unsolicited (pemrakarsa dan pendanaan dari pihak swasta/non APBN) pertama di Indonesia, yang dari awal kita desain bersama-sama sampai selesai," katanya. (soleh)