26 Bus Listrik Resmi Mengaspal, Diluncurkan Dishub Provinsi DKI Jakarta, TransJakarta dan DAMRI

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 22/Des/2023 16:41 WIB
foto:istimewa/BeritaTrans.com/ahmad foto:istimewa/BeritaTrans.com/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jelang akhir tahun dan bertepatan dengan Hari Ibu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan DAMRI meresmikan transportasi umum berbasis ramah lingkungan dengan meluncurkan sebanyak 26 Unit Bus Listrik (Zero Emission) yang berlangsung di Lapangan Monas Jakarta, Jumat (22/12/2023). 

Baca Juga:
Kurangi Biaya Masyarakat, DAMRI Fasilitasi 7 Armada untuk Mudik PP Gratis di Merauke

DAMRI berkolaborasi dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan sebanyak 26 unit bus listrik untuk digunakan sebagai transportasi umum di Jakarta.

Direktur Utama Damri Setia N. Milatia Moemin mengatakan bahwa DAMRI berkomitmen mendorong penggunaan kendaraan transpostasi listrik di Indonesia sebagai salah satu upaya untuk mengurangi emisi karbon.

Baca Juga:
Di Papua, DAMRI Meriahkan Mudik Gratis 2024 bersama Pemkab Sarmi

"Kami sangat berkomitmen terhadap Net Zero Emission (NZE) dan sangat serius menjadikan perusahaan 'green' ke depan," kata Setia saat peluncuran 26 unit bus listrik tersebut.

Baca Juga:
Ini Ketentuan Refund dan Reschedule Tiket DAMRI untuk Arus Balik Lebaran

Selajutnya Setia mengatakan, sebanyak 26 unit bus listrik tersebut melengkapi 74 unit bus listrik yang telah beroperasi di Jakarta, sehingga jumlah totalnya menjadi 100 unit hingga akhir tahun 2023.

Menurut dia, kehadiran bus listrik juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk menghasilkan nol emisi, salah satunya melalui aksi pergeseran ke bus listrik untuk transportasi umum.

Bus listrik dihadirkan Damri sebagai wujud sinergi bersama PT Transjakarta untuk dioperasikan pada koridor busway.

Bus listrik rakitan Indonesia dengan nama Skywell, berkapasitas 50 orang per unit, serta dapat menjangkau sekitar 250 kilometer.

Realisasi ini merupakan bagian dari salah satu pencapaian penggabungan Perum PPD ke dalam Perum Damri.

Damri pun menyediakan solusi menyeluruh dan menciptakan ekosistem kendaraan listrik dengan mengembangkan infrastruktur dan fasilitas pendukung pengoperasian bus listrik di Pool Damri Pupar, Cakung, Jakarta Timur.

Setia berharap kemitraan strategis untuk mengembangkan bus listrik di Indonesia, khususnya di Jakarta dapat berjalan sukses dan terus meningkat di masa mendatang.

"Ini batu loncatan pertama untuk mengembangkan ekosistem transportasi umum ramah lingkungan kepada masyarakat. Kami turut berkontribusi agar DKI Jakarta menjadi kota layak huni dengan pembangunan berkelanjutan," ujarnya.(ahmad)