Peluncuran InJourney Airports dan InJourney Aviation Services

  • Oleh : Naomy

Kamis, 28/Des/2023 22:36 WIB
Dirut inJourney bersmaa Menhub dan Wamen BUMN Dirut inJourney bersmaa Menhub dan Wamen BUMN

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney membentuk PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) dan PT Integrasi Aviasi Solusi (InJourney Aviation Services/ IAS) sebagai Subholding di InJourney Group yang merupakan langkah transformasi di industri aviasi dan kebandarudaraan, Kamis (28/12/2023). 

Baca Juga:
Injourney Group Berangkatkan Gratis 2.075 Pemudik dengan Bus, KA, dan Kapal Laut

Pembentukan ini ditandai dengan syukuran yang dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, di Jakarta. 

Dengan pembentukan InJourney Airports tersebut akan menjadikan bandara-bandara di dalam pengelolaan InJourney Group menjadi lebih sehat dan profitable. 

Baca Juga:
InJourney Group Dukung Program Mudik 2024 Bersama BUMN, Tersedia 2.088 Tiket

Berbagai langkah yang akan dilakukan InJourney Airports yakni dengan meningkatkan pelayanan, melakukan transformasi strategi bisnis, serta memperkuat kualitas operasional dalam rangka menjadikan bandara sebagai face of the nation. 

“Dengan adanya InJourney Airports akan meningkatkan keramahtamahan terhadap pengguna jasa dengan memberikan experience yang lebih berkesan seperti fit out yang lebih menarik, tenant mixing lebih berkualitas, dan memanjakannya dengan pelayanan sepenuh hati,” ungkap Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria.

Baca Juga:
Injourney Group Serempak Tanam 15.000 Pohon

InJourney Airports akan menangani total 172 juta penumpang per tahun dan akan berada di urutan ke-5 perusahaan operator bandara terbesar di dunia, mengalahkan Vinci Airports (Prancis) dan GMR Group (India). 

Dalam beberapa tahun ke depan, diharapkan, InJourney Airports akan menjadi perusahaan pengelola bandara terbesar ke-3 di dunia.

“Dengan adanya penataan dan penguatan portofolio group usaha menjadi InJourney Airports seluruh upaya Kementerian Perhubungan untuk memberikan standardisasi layanan kebandarudaraan dan transportasi udara yang andal dan berdaya saing akan lebih mudah dan cepat terealisasi,” ujar Menhub. 

Kementerian BUMN terus melakukan konsolidasi dan simplifikasi jumlah BUMN sesuai arahan Presiden untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional. 

Pembentukan InJourney Airports ini akan berdampak positif terhadap proporsi GDP yang bersumber dari sektor pariwisata dari 5% menjadi 10%. 

"Kita akan mendorong sektor pariwisata menjadi lokomotif ekonomi dan bandara menjadi komponen yang penting dalam hal ini,” tambah Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

“Kami berharap pembentukan InJourney Airports akan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga wisatawan akan mendapatkan kesan serta pengalaman yang sama saat berada di seluruh bandara di Indonesia melalui standardisasi sistem operasi dan kebijakan nantinya. Dengan memberikan pengalaman yang lebih baik serta merata di seluruh bandara di Indonesia ditambah penataan pada seluruh lini sektor pariwisata, maka potensi untuk mendatangkan wisatawan akan lebih terbuka lebar,” kata Dony.

Selain itu, seluruh upaya transformasi ini akan memberikan beragam manfaat baru yang dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya dalam memberikan layanan bagi para pengguna jasa bandara.

“Dengan integrasi bandara tentu akan meningkatkan konektivitas domestik dan internasional, meningkatkan kualitas customer service, serta memperkuat kinerja keuangan perusahaan,” tambahnya. 

Sementara itu, IAS bergerak di bidang jasa pendukung aviasi, kargo, dan logistik melakukan transformasi dengan business chain yang lebih efektif dan efisien.

IAS akan memperkuat portofolio bisnis utamanya yaitu Cargo & Logistics; Ground Handling; Hospitality; dan Operations Support yang memberikan pelayanan profesional serta menghasilkan produk yang kompetitif untuk pasar Indonesia dan pasar global. 

“Melalui simplifikasi struktur perusahaan dan business process, sinergi dan transformasi ini jadikan IAS berpotensi untuk menjadi Top 5 Global Player di industri layanan aviasi dan kargo dan akan bersanding dengan Dnata, Swissport, Menzies, Fraport dan SATS,” tutur Dony. 

Adapun Jajaran Direksi dan Komisaris PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) adalah:

Direktur Utama: Faik Fahmi
Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi: Ferry Kusnowo
Direktur Komersial: Muhammad Rizal Fahlevi
Direktur Human Capital: Achmad Syahir 
Direktur Operasi: Wendo Asrul Rose
Direktur Teknik: Muhammad Suriawan Wakan
Direktur Keuangan & Manajemen Risiko: Yanindya Bayu Wirawan

Komisaris Utama: Novie Riyanto Rahardjo
Komisaris: Cahyo Rahardian Muzhar 
Komisaris Independen: Achmad Syah Reza
Komisaris Independen: Djamaluddin

Sedangkan Jajaran Direksi dan Komisaris PT Integrasi Aviasi Solusi adalah:

Direktur Utama: Dendi T. Danianto
Direktur Integrasi dan Portofolio: Danny P. Thaharsyah
Direktur Komersial: Muhammad Putra Pariadi 
Direktur Human Capital: Israwadi
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Ajar Setiadi 

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Danang Parikesit
Komisaris Independen: Tubagus Fiki Chikara Satari
Komisaris: Elen Setiadi 
Komisaris Independen: Pardiman
Komisaris Independen: Agus Santoso (omy)