Persiapan Puncak Arus Balik Libur Nataru di Bandara SSK II Pekanbaru

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 31/Des/2023 15:04 WIB
Bandara SSK II Pekanbaru Bandara SSK II Pekanbaru


PEKANBARU (BeritaTrans.com) - Menyambut puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diperkirakan terjadi pada 1 Januari 2024.

Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK) Pekanbaru melakukan beberapa persiapan. 

Baca Juga:
6 Bandara Angkasa Pura II Sukses Layani Kepulangan Jemaah Haji dari Tanah Suci

Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko mengatakan, untuk mendukung kelancaran kegiatan Angkutan Nataru, pihaknya telah melakukan berbagai macam persiapan fasilitas dan kegiatan cek serta monitoring fasilitas dan prosedur.

Pihaknya bersama instansi terkait melakukan pelaksanaan ramp check seluruh armada, personel, sarana dan prasarana. Kemudian juga melakukan cek dan monitoring keamanan bandara.

Baca Juga:
Top! Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Semester I/2024 Lampaui Sebelum Pandemi

"Kami juga melakukan kalibrasi peralatan pendaratan, serta juga melaksanakan rapat koordinasi kesiapan Nataru bersama seluruh stake holder," ujarnya belum lama ini. 

Selain itu, pihaknya juga melakukan penambahan penerbangan atau extra flight, serta kegiatan Pengendalian Keadaan Darurat yang berdekatan dengan kegiatan Nataru menambah jaminan keselamatan penerbangan.

Baca Juga:
Sambut Liburan Sekolah, Toys Kingdom dan Angkasa Pura II Hadirkan 2 Play-Experience di Bandara Soekarno-Hatta

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bandara SSK II Pekanbaru memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pasa 1 Januari 2024 dengan jumlah pax kurang lebih 10.500 pax.

Radityo menyampaikan, data sementara jumlah penumpang yang dilayani dari 18 hingga 25 Desember 2023 atau H-7 hingga hari H Natal adalah sebanyak 76.660 orang atau mencapai 20 persen dari jumlah penumpang yg dilayani ada periode yg sama di tahun 2022. Dikutip dari laman tribun.

"Untuk jumlah pergerakan pesawat dari tanggal 18-25 Desember 2023 adalah sebanyak 551 pergerakan atau mencapai 8 persen dibanding jumlah pergerakan pesawat di periode yang sama pada tahun 2022," kata pria yang akrab disapa Oki.

Sedangkan jumlah penumpang tertinggi melalui Bandara SSK II terjadi pada H-2 atau pada hari Sabtu, tanggal 23 Desember 2023 yaitu sebanyak 11.420 orang.

Puncak pergerakan pesawat dikatakan Oki terjadi pada H-2 atau pada tanggal 23 Desember 2022 yaitu sebanyak 80 pergerakan.

"Selama periode Nataru 18 hingga 25 Desember 2023/2024 ini terhitung 38 extra flight yang telah dilayani," tutupnya. (soleh)