Kodim 0117 Aceh Tamiang Terima 1 Pucuk Senjata Api, 2 Granat dan 12 Munisi dari Mantan Kombatan GAM

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 05/Janu/2024 15:09 WIB
Penyerahan sejumlah senjata milik mantan Kombatan GAM ke Kodim 0117 Aceh Tamiang. Penyerahan sejumlah senjata milik mantan Kombatan GAM ke Kodim 0117 Aceh Tamiang.

ACEH TAMIANG (BeritaTrans.com) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0117/Aceh Tamiang menerima satu pucuk senjata api jenis Senjata AK 47 kaliber 12,7 mm, dua buah granat standar dan 12 Munisi Kaliber  7,26 mm dari mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Kabupaten Aceh Tamiang.

Senjata peninggalan konflik tersebut langsung diserahkan Kepala Kodim 0117/Aceh Tamiang dari seorang mantan Kombatan di Kabupaten Aceh Tamiang.

Baca Juga:
Menhub Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen

“Senjata tersebut diserahkan oleh seorang mantan Kombatan yang tidak mau di sebutkan namanya dengan penuh kesadaran dan sukarela,” kata Dandim 0117 Aceh Tamiang Letkol Inf Andi Ariyanto dalam keterangannya diterima oleh penerangan kodim, Jumat (5/1/24).

Dandim juga menyampaikan bahwa penyerahan ini murni dari kesadaran mantan Kombatan GAM di Kabupaten Aceh Tamiang yang tidak mau disebutkan namanya.

Baca Juga:
Tertabrak Kereta di Perlintasan Tanpa Palang, Anggota TNI dan 2 Anaknya Tewas

“Kami sangat mengapresiasi dan menyambut positif atas kesadaran dari mantan Kombatan yang dengan landasan niat tulus menyerahkan senjata api yang dimilikinya,” kata Dandim.

Andi juga mengimbau kepada rekan-rekan eks Kombatan yang masih menyimpan senjata api sisa konflik di Aceh, agar memiliki kesadaran untuk menyerahkan kepada pihak yang berwenang. 

“Bisa juga langsung ke Kodim 0117 Aceh Tamiang, kami berjanji akan melindungi baik dalam konteks privasi maupun dalam konteks hukum,” kata Dandim pula.

Andi mengatakan mantan Kombatan GAM menghubungi Serda Taryadi melalui via telpon dan menyampaikan akan menyerahkan senjata dan bahan peledak bekas konflik Aceh.

Dikatakan, Serda Taryadi merupakan Anggota Unit Intel Kodim 0117 Aceh Tamiang yg telah lama mengenal mantan Kombatan GAM yang tidak mau disebutkan namanya tersebut.

Saat ini senjata tersebut diamankan di Kodim 0117 Aceh Tamiang dan sudah dilaporkan ke Komando Atas untuk bahan pertanggung jawaban.

Sedangkan untuk Anggota yang berhasil akan di berikan penghargaan. (fh/fd)