KCI Bakal Datangkan 3 KRL Baru dari Luar Negeri Tahun 2024 Ini

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 11/Janu/2024 15:23 WIB
Dirut KAI Commuter Asdo Artrivianto dan Humas KCI Leza Arlan saat konferensi pers di Kantor KAI Commuter, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2024). Dirut KAI Commuter Asdo Artrivianto dan Humas KCI Leza Arlan saat konferensi pers di Kantor KAI Commuter, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2024).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter atau KCI akan mengimpor tiga rangkaian atau trainset Kereta Rel Listrik (Commuter Line) baru dan akan tiba di Tanah Air pada tahun 2024 ini.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan, rencana impor tiga trainset kereta sudah dijajaki pihaknya berdasarkan penugasan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan penumpang yang cukup mendesak saat ini.

Baca Juga:
Raih Prestasi Internasional, KAI Commuter Dapat 7 Medali di Ajang Contact Center World 2024 Australia

"Kita impor yang baru, benar-benar baru. Ini kan kita kejar supaya tahun 2024 bisa ter-deliver di Indonesia," kata Asdo Asdo saat konferensi pers di Kantor KCI di Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2024). 

Langkah persiapan impor, lanjut dia, sudah dilakukan sejak Agustus 2023 lalu. Termasuk berkoordinasi dengan beberapa perusahaan manufaktur asing untuk memproduksi rangkaian kereta yang dibutuhkan KCI.

Baca Juga:
KAI Commuter Tegas Berpihak ke Korban dan Pelecehan Seksual sebagai Kejahatan Serius

“Kita sudah berproses dari Agustus (2023) sampai sekarang mengumpulkan referensi, dan kita melakukan koordinasi dengan beberapa manufaktur, dimana yang cocok dengan prasarana yang ada di Indonesia ini,” benernya.

KCI akan menyiapkan Rp 8,65 triliun untuk pengadaan KRL hingga 2027, termasuk untuk impor 3 trainset kereta baru. Ada suntikan modal Rp 5 triliun untuk memenuhi modal tersebut, Rp 2 triliun bakal cair tahun ini, sisanya cair hingga 2026.

Baca Juga:
Tegas, KAI Commuter Larang Pelaku Pelecehan Seksual Naik KRL

Perihal 19 trainset yang akan retrofit, Asdo memastikan akan diserahkan kepada PT INKA (Persero). Di mana, proses penyehatan kembali ke-19 kereta ini dilakukan hingga 2027 mendatang.

KCI juga sudah memesan 16 trainset baru dari PT INKA (Persero) yang akan rampung di tahun 2025.

Pada saat melakukan peremajaan tersebut, Kereta Commuter Indonesia memastikan tidak ada pengurangan perjalanan KRL Jabodetabek.

“Tapi ini penyehatan atau dilengkapi oleh seluruh komponennya, sehingga menyerupai baru, ini nilai ekonominya (panjang operasional) 15 tahun,” papar dia.

Diberitahunya, satu transit akan terdiri dari 12 rangkaian gerbong yang siap mengangkut penumpang. (fhm)