Tim Pengamanan KAI Daop Jakarta Tangkap 2 Pencuri Bantalan Rel Kereta Api di Sukabumi

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 12/Janu/2024 13:21 WIB
Tim pengamanan KAI Daop 1 Jakarta menangkap dan menyerahkan dua pelaku pencurian bantalan rel kereta api kepada pihak berwajib pada Kamis (12/1/2023). Tim pengamanan KAI Daop 1 Jakarta menangkap dan menyerahkan dua pelaku pencurian bantalan rel kereta api kepada pihak berwajib pada Kamis (12/1/2023).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tim Pengamanan PT KAI Daop 1 Jakarta kembali menangkap dua orang terduga pelaku pencurian material prasarana Kereta Api (KA) di area timur Stasiun Sukabumi, Kamis (11/1/2024). 

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, pelaku mengambil materian berupa bantalan rel kereta api. Turut juga diamankan sejumlah barang bukti lainnya untuk memperlancar aksi mereka.

Baca Juga:
Selama Libur Akhir Pekan KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 146 Ribu Lebih Penumpang

"Tim Daop 1 Jakarta menangkap dan mengamankan pelaku disertai dengan alat bukti berupa bantalan besi yang sudah dinaikkan ke bak mobil pickup warna hitam dengan Nopol D 8469 XA, 1 Unit HP, sebilah sajam (golok), pil/obat, uang tunai dan 1 bungkus rokok," ujar Ixfan, Jumat (12/1/2024).

Adapun dua orang yang diamankan pihak KAI Daop 1 Jakarta, berinisial CC (41) dan AS (32).

Baca Juga:
Lebih 23 Ribu Penumpang KA Berangkat dari Daop 1 Jakarta pada Hari Jumat Ini

Dijelaskan proses penangkapan bermula pada saat petugas melaksanakan tugas patroli malam.

"Pada pukul 22.30 Wib saat petugas melaksanakan tugas patroli malam mendapati gerak gerik mencurigakan dua orang dan ada sebuah mobil mencurigakan yang terparkir di area timur atau ex Turn Table Stasiun Sukabumi."

Baca Juga:
KAJJ dari Pasar Senen Berhenti Juga di Stasiun Jatinegara, Ini Jadwalnya!

"Selanjutnya Tim PAM melaksanakan pengintaian."

 "Setelah kedua orang tersebut melakukan aksi menaikan bantalan rel, dengan sigap petugas PAM langsung melakukan penyergapan," terang Ixfan.

Petugas yang menangkap saat itu juga melakukan koordinasi dengan keamanan setempat dan menyerahkan CC dan AS ke Polsek Cikole, Kota Sukabumi untuk diproses sesuai hukum yang berlaku. 

Atas perbuatannya, para pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal tujuh tahun penjara. 

Sedangkan sesuai UU 23 tahun 2007 tentang Perekeretaapian pasal 181 ayat (1) menyatakan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api; menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api; atau menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api. Pelanggaran terhadap pasal 181 ayat (1) berupa pidana penjara paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp15.000.000 (lima belas juta rupiah).

Sebelumnya, Tim pengamanan Stasiun Palmerah berhasil menangkap dan dua orang pelaku berinisial AS (34) dan MS (33) yang melakukan pencurian besi rel bekas di Kilometer 10+4 antara petak jalan Palmerah – Kebayoran, Jakarta pada Sabtu, 2 Desember 2023 lalu.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengecam dan akan menindak tegas sesuai proses hukum seluruh oknum yang melakukan pencurian material prasarana KA. 

Dari beberapa kasus, material seperti rel pengganti yang ada sekitar jalur KA, Kabel Persinyalan, besi balast stoper yang berfungsi sebagai penahan agar tidak terjadi longsoran dan bantalan besi kerap menjadi sasaran pelaku pencurian karena berada pada area terbuka. 

"Sejatinya keberadaan beberapa material tersebut sangat penting untuk menjamin keselamatan perjalanan pada operasional KA," kata Ixfan.

Berbagai upaya dilakukan Daop 1 Jakarta untuk mengamankan jalur KA dengan bentang yang sangat luas. 

Di beberapa area rawan pemasangan CCTV dan Patroli Pengamanan Tertutup telah dilakukan.

Keberhasilan upaya menangkap oknum pencuri juga terbantu melalui kerjasama dengan masyarakat sekitar yang telah melaporkan saat melihat tindakan oknum yang mencurigakan. 

Hasil tindak lanjut laporan tersebut selalu dikordinasikan bersama jajaran kepolisian setempat, melalui kolaborasi jajaran unit Pengamanan PT KAI Daop 1 Jakarta dan Kepolisian, sejumlah pelaku pencurian material prasarana KA berhasil diamankan dan diproses hukum. 

KAI Daop 1 Jakarta sangat mengapresiasi seluruh masyarakat yang telah peduli menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan KA sebagai transportasi publik. 

"Sebagai salah satu bentuk komitmen keselamatan maka pengamanan dijalur KA terus dilakukan dengan berbagai upaya. KAI Daop 1 Jakarta akan terus mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika mengetahui kegiatan yang mencurigakan dan membahayakan di sekitar jalur rel dengan menghubungi petugas di stasiun terdekat atau Contact Center 121 line (021) 121, Layanan pelanggan [email protected] dan Sosial Media @keretaapikita @kai121_," pungkas Ixfan.